Punya Laboratorium Kesehatan, Jawa Barat Akselerasi Penanganan COVID-19

loading...
Punya Laboratorium Kesehatan, Jawa Barat Akselerasi Penanganan COVID-19
Foto/www.labkes.jabarprov.go.id
BANDUNG -

Pemprov Jawa Barat berkomitmen mempercepat penanggulangan pandemi virus corona (COVID-19) dengan dukungan Balai Laboratorium Kesehatan. Tempat ini merupakan Unit Pelayanan Teknis Daerah milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jabar yang menjadi laboratorium rujukan tingkat provinsi dalam pemeriksaan sampel COVID-19, baik lewat metode rapid diagnosis test (RDT) maupun polymarese chain reaction (PCR).

”Kami merupakan laboratorium rujukan provinsi untuk COVID-19 ini. Jadi, semua hasil swab test terkait COVID-19 semuanya diperiksa dengan PCR di kami, termasuk di empat klaster tersebut,” terang Penanggung Jawab Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Jabar, Ryan B Ristandi, Kamis (9/4/2020).

Menurut Ryan, saat ini, laboratorium ini memiliki kemampuan memeriksa 96 sampel per hari. Namun, dalam dua minggu terakhir, sampel terus berdatangan secara cepat sehingga antrean sudah mencapai 300 sampel. Karenanya, Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Jabar harus menerapkan skala.



"Satu kali swab test, idealnya hasil sudah keluar lima jam. Tapi karena sudah ada 300- 400 sampel yang mengantre, kami harus memprioritaskan sampel mana yang harus duluan keluar hasilnya," jelas Ryan. (Baca : Update Hasil Rapid Test, 826 Warga Jabar Terindikasi Positif Covid-19)

Pemeriksaan sampel COVID-19 di laboratorium ini juga melibatkan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung serta Pusat Nanosains dan Nanoteknologi Institut Teknologi Bandung (ITB).

Punya Laboratorium Kesehatan, Jawa Barat Akselerasi Penanganan COVID-19

Foto/www.labkes.jabarprov.go.id
Saat ini, Balai Laboratorium Kesehatan Jabar memiliki tiga alat PCR dengan proses ekstraksi dilakukan secara manual. Namun, dalam waktu dekat, akan mendapat tambahan alat PCR dua unit dan ekstraksi dua mesin.



"Selama ini bottleneck-nya saat ekstraksi karena masih manual. Tapi dengan ada bantuan mesin, proses akan lebih cepat," katanya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top