Begini Kronologi Ambruknya Jembatan Bodem Purwakarta

Jum'at, 03 April 2020 - 17:47 WIB
Begini Kronologi Ambruknya Jembatan Bodem Purwakarta
Warga berupaya mencari dua korban yang dikabarkan masih tertimbun material Jembatan Bodem yang ambruk. Foto/Dokumentasi Warga
A A A
PURWAKARTA - Jembatan Bodem di Desa Karang Mukti, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, roboh, Jumat (3/4/2020). Peristiwa tragis itu menyebabkan lima pekerja proyek perbaikan jembatan tertimbun.

Kepala Seksi Operasi Siaga Kantor Search and Rescue (SAR) atau Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung Rudi mengatakan, Basarnas Bandung menerima informasi dari Pemadam Kebakaran (Damkar) Purwakarta sekitar pukul 16.12 WIB.

Jembatan ambruk yang menghubungkan Desa Karang Mukti, Kecamatan Bungursari dengan Desa Cijunti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta itu, dikabarkan menimbun enam warga. (BACA JUGA: Jembatan Bodem Purwakarta Ambruk Timbun Lima Warga, Ini Identitas 4 Korban )

"Berdasarkan laporan yang diterima, dari 6 warga yang tertimbun, empat di antaranya selamat dan dua masih dalam pencarian karena tertimbun material longsor," kata Rudi.

Rudi mengemukakan, dilaporkan waktu kejadian pada pukul 15.00 WIB. Kondisi jalan yang sebelumnya amblas mengakibatkan pergeseran tanah yang menyebabkan Jembatan Bodem ambruk dan menimpa enam orang, lima di antaranya pekerja proyek perbaikan jembatan.

"Basarnas Bandung memberangkatkan satu tim rescue menuju lokasi kejadian pada pukul 16.45 WIB. Sebelumnya kami melakukan koordinasi dengan pihak Damkar Purwakarta," ujar Rudi.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah mengatakan, tim rescue membawa peralatan satu unit Rescue car, 1 set palsar ekstrikasi, satu set palsar evakuasi, 1 set peralatan komunikasi dan medis. "Tim menggunakan peralatan ekstrikasi atau alat berat jika dibutuhkan untuk melakukan operasi SAR," kata Deden.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.8774 seconds (0.1#10.140)