Pangdam: Kowad Bukan Mawar Penghias Taman Tetapi Melati Pagar Bangsa

Sabtu, 21 Desember 2019 - 20:04 WIB
Pangdam: Kowad Bukan Mawar Penghias Taman Tetapi Melati Pagar Bangsa
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto memberikan potongan tumpeng kepada Serka Risna Oktavia. Insert: Pangdam foto bersama Kowad seusai acara syukuran. Foto-foto/Pendam Siliwangi
A A A
BANDUNG - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menyatakan, selain berprestasi dalam melaksanakan tugas-tugas pokok, prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) juga berhasil meraih prestasi dibidang olahraga umum dan militer, baik ditingkat Nasional maupun internasional.

Bahkan prajurit Kowad juga berhasil mengemban tugas di Luar negeri yang tergabung dalam Satgas Pasukan Perdamaian PBB.

"Torehan prestasi dan capaian yang telah diraih tersebut menunjukkan bahwa Kowad bukan mawar penghias taman tetapi melati pagar bangsa," kata Pangdam saat memberikan sambutan pada acara syukuran Hari Ulang Tahun ke-58 Kowad 2019 di Gedung Sudirman Secapa AD Jalan Hegarmanah Nomor 152, Kota Bandung, Jumat (20/12/2019).

Berkaitan dengan pembinaan Kowad, ujar Nugroho, pimpinan TNI AD memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada segenap prajurit Kowad untuk berkarier dan berkompetisi secara sehat dan objektif bersama prajurit pria untuk menduduki jabatan strategis.

Nugroho mengemukakan, kebijakan pimpinan TNI AD ini menunjukkan bahwa prajurit Kowad mendapatkan kepercayaan dan pengakuan atas kemampuannya.

Meski begitu, Kowad juga harus memahami dan memadari bahwa setinggi apapun prestasi dan jabatan, hendaknya tetap menyadari kodratnya sebagai wanita Indonesia, yaitu sebagai pendamping suami dan ibu rumah tangga, dan pendidik putra-putrinya.

"Untuk itu, bijaksanalah mengatur waktu antara kepentingan dinas dan keluarga. Upayakan berjalan seiring sejalan sehingga menambah moril dan semangat dalam menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi," ujar Nugroho.

Panglima menuturkan, peringatan HUT ke-58 Kowad ini hendaknya dijadikan momentum untuk melakukan introspeksi dan evaluasi tentang pencapaian tugas, sekaligus titik tolak untuk meningkatkan karya dan pengabdian.

"Selamat Ulang Tahun ke-58 Korps Wanita Angkatan Darat. Saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian dan dedikasi yang telah ditunjukkan selama 58 tahun dalam mendukung tugas pokok TNI AD," tutur Panglima.

Menurut Pangdam, keberhasilan dan prestasi Kowad hingga saat ini tidak terlepas dari peran, kerja keras, pengabdian, dedikasi, perjuangan dan pengorbanan segenap para pendahulu, serta sesepuh purnawirawan Kowad selama berdinas di jajaran TNI AD.

"Oleh karena itu, marilah kita kenang jasa dan pengorbanannya serta bertekad untuk mewarisi dan melanjutkan semangat juangnya dalam tugas dan pengabdian, baik saat ini maupun dimasa yang akan datang," tutur Pangdam.

Dalam kesempatan ini pula, Pangdam III/Siliwangi didampingi Ketua Persit KKCK PD III/Siliwangi juga selaku Ibu Raksakarini Sri Sena Kodam III/Siliwangi Suci Nugroho Budi Wiryanto memotong tumpeng yang kemudian diberikan kepada Serka Risna Oktavia, prajurit Kowad yang berprestasi dibidang olahraga.

Sebelum pelaksanaan syukuran HUT ke-58 hari ini, Korps Kowad telah melaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya, ceramah kesehatan, anjangsana ke panti asuhan, donor darah, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, dan bazar.

Pangdam: Kowad Bukan Mawar Penghias Taman Tetapi Melati Pagar Bangsa
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.8644 seconds (0.1#10.140)