Warga Segel Pelabuhan Taddan Sampang

Jum'at, 15 Agustus 2014 - 13:14 WIB
Warga Segel Pelabuhan Taddan Sampang
Warga Segel Pelabuhan Taddan Sampang
A A A
SAMPANG - Ribuan warga menyegel Pelabuhan Taddan di Desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat (15/8/2014).

Penyebabnya, warga yang berada di sekitar lokasi kerap mendapat intimidasi dari oknum proyek.

Karena warga yang hendak memancing ikan di sekitar pelabuhan dilarang. Bahkan, bila nekat memancing disana, oknum itu mengancam akan menembak warga yang nekat masuk area pelabuhan.

Kondisi ini sangat meresahkan masyarakat setempat. Sehingga emosi warga memuncak dengan melakukan aksi besar-besaran turun ke jalan. Serta berujung pada penyegelan Pelabuhan Taddan.

Tidak hanya persoalan intimidasi, permasalahan lain juga ada. Dimana dalam pembangunan pelabuhan tidak melibatkan warga sekitar lokasi. Massa menilai kondisi tersebut telah mengesampingkan masyarakat.

Padahal, pembangunan pelabuhan sendiri untuk kesejahteraan rakyat. Sehingga dalam pembangunan pelabuhan warga sekitar harus dilibatkan.

Massa juga berusaha mengusir pembangunan mega proyek ini. "Penyegelan dilakukan karena oknum dari PT Linggar Jati Utama selaku pelaksana pembangunan Pelabuhan Taddan sering mengintimidasi warga," ungkap Kepala Desa Taddan, Saniman.

Salah satu upaya intimidasi pada warga yakni ketika akan masuk ke pelabuhan untuk memancing atau melaut mendapat ancaman. Kondisi ini menandakan pelaksana proyek dianggap tidak peduli dengan warga Taddan.

"Ini puncak kemarahan dari masyarakat. Sebab, jika ada warga yang masuk ke lokasi pelabuhan diancam akan ditembak oleh penjagan," tandasnya.

Massa akan membuka segel, jika tuntutannya mereka dipenuhi. Akibat aksi ini, arus lalu lintas di sekitar lokasi macet. Padahal, jalur itu merupakan penghubung antar kabupaten di Pulau Madura.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5171 seconds (0.1#10.140)