4 polisi jadi korban bentrokan dengan mahasiswa

Sabtu, 03 Mei 2014 - 15:05 WIB
4 polisi jadi korban bentrokan dengan mahasiswa
4 polisi jadi korban bentrokan dengan mahasiswa
A A A
Sindonews.com - Tidak hanya dari kubu mahasiswa anggota Kaukus Pergerakan Jawa Barat yang mengalami luka-luka akibat bentrokan di sekitar Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat. Empat polisi pun ikut terluka.

"Empat anggota kami luka di bagian mata, kepala, bibir, dan kaki," kata Kepala Bagian Operasional Polrestabes Bandung AKBP Diki Budiman di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Sabtu (3/5/2014).

Sementara untuk mahasiswa, polisi mencatat ada empat yang terluka, bukan 10 seperti yang diklaim mahasiswa. "Empat mahasiswa sudah kita bawa ke RS Sartika Asih untuk mendapat perawatan," ungkapnya.

Diki lalu memaparkan kronologi bentrokan antara polisi dan mahasiswa. Awalnya, massa mendorong barikade polisi dari Dalmas Polrestabes Bandung. Tapi, tiba-tiba mahasiswa memukul polisi. Polisi lalu berusaha mengamankan pelaku. Tapi mahasiswa memberi perlindungan. Bentrokan pun terjadi. "Makanya kita pukul mundur," tegasnya.

Diki menambahkan, tindakan polisi itu dilakukan bukan tanpa sebab. Tindakan tegas terpaksa diambil karena kondisi sulit dikendalikan. Terlebih, mahasiswa melakukan pemukulan dan pelemparan lebih dulu. Ia pun mempersilakan jika massa akan mengambil langkah hukum. "Prinsipnya, kalau mereka merasa tidak puas, ada jalur hukum, silakan," tegasnya.

Untuk mendinginkan suasana, Wakapolrestabes Bandung AKBP Awal Chairuddin sempat menemui massa. Mereka kemudian membubarkan diri.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5572 seconds (0.1#10.140)