Kerajaan Belanda puji pembangunan Kota Surabaya

Jum'at, 04 April 2014 - 13:33 WIB
Kerajaan Belanda puji pembangunan Kota Surabaya
Kerajaan Belanda puji pembangunan Kota Surabaya
A A A
Sindonews.com - Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Belanda Melanie Shultz van Haegen mengaku tertarik mempelajari tata letak Kota Surabaya yang dinilainya mampu menerapkan pembangunan ramah lingkungan.

Selain Melanie, sebelumnya mahasiswa Massachusetts Intitute of Technology (MIT) juga mendatangi Surabaya untuk belajar tentang tata letak Kota Pahlawan itu.

“Saya rasa, baik Surabaya maupun kota-kota di Belanda, punya banyak kesamaan. Yakni arah pembangunan sama-sama berawal dari sungai,” ujar Melanie yang didampingi Duta Besar (dubes) Belanda untuk Indonesia Tjeerd de Zwaan, di Balai Kota Surabaya, Jum'at (4/4/2014).

Dia menambahkan, Surabaya berhasil menerapkan pembangunan yang ramah lingkungan, sehingga masuk dalam jajaran kota-kota berpengaruh di Asia. Untuk alasan itulah, Kerajaan Belanda tertarik melakukan kerjasama dengan pusat kota di Jawa Timur (Jatim) ini.

"Sebagai kota besar, Surabaya punya tantangan tersendiri, khususnya dalam bidang infrastruktur. sungai merupakan suatu komponen penting dalam kota. Apalagi Belanda merupakan negara dimana permukaan daratnya lebih rendah dibanding permukaan laut," sambung alumnus Universitas Leiden dan Universitas Erasmus ini.

Sehingga, untuk mengatasi banjir, saluran irigasi menjadi sangat penting. Ketika saluran irigasi tidak tertata dan terkelola dengan baik, maka sewaktu-waktu banjir bisa saja terjadi.

“Kami juga paham betul tentang pengelolaan pengairan dan banjir, karena sebagian besar wilayah Belanda berada di bawah permukaan air laut. Jika Pemkot mengirimkan stafnya untuk belajar di Belanda, saya akan menerima dengan tangan terbuka,” terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5289 seconds (0.1#10.140)