Mencekam, 12 tahanan Lapas Mimika melarikan diri

Jum'at, 21 Maret 2014 - 22:05 WIB
Mencekam, 12 tahanan Lapas Mimika melarikan diri
Mencekam, 12 tahanan Lapas Mimika melarikan diri
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 12 tahanan Lapas Kelas II B, di Jalan Iwaka SP Lima, Timika, Papua, dikabarkan melarikan diri. Kaburnya para tahanan diduga karena minimnya jumlah personel lapas yang melakukan penjagaan.

Akibat kaburnya tahanan, situasi di dalam lapas sempat mencekam. Sebab, berdasarkan keterangan petugas lapas, beberapa tahanan di dalam sudah memilik berbagai senjata tradisional, seperti panah wayer yang terbuat dari kawat jeruji untuk menyerang petugas.

Untuk mengantisipasi kondisi ini, sebanyak 30 personel Brimob dari Detasmen B Polda Papua dikerahkan, bersama pasukan pengendalian massa Polres Mimika. Hingga kini, pengamanan super ketat masih diberlakukan di dalam lapas.

Kepala Lapas Kelas II B Papua yang didampingi Kapolres Mimika AKBP Jeremias Rontini, bersama Komanadan Detasmen B Polda Papua, berupaya melakukan negosiasi, sekaligus memberikan pengarahan agar para tahanan tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan mereka, serta warga setempat.

Negosiasi inipun berjalan cukup kondusif, karena para tahan yang semula diduga akan melakukan perlawan sama sekali tidak menunjukan aksinya.

Akan tetapi, setelah dilakukan pemeriksaan di seluruh lokasi tahanan dan ruang para napi, petugas menemuan berbagai macam benda, mulai dari handphone, hingga benda tajam lainnya yang diduga akan dijadikan senjata, seperti panah dan alat pencungkil pagar jeruji pembatas tembok tahanan.

Pihak kepolisian dan Lapas Mimika mengimbau agar para tahan yang kabur segera menyerahkan diri, dan apa bila imbauan ini tidak diindahkan, maka mereka terancam akan menerima akibat dari tindakanya tersebut dengan ancaman penambahan masa tahanan.

Berikut nama tahanan yang berhasil melarikan diri:
1. Yosef Wansaubun
2. Antonius Finyain
3. Yulianus Waimbewer
4. Ogan Sukilat
5. Yakobus Tiraparo
6. Martinus Edoway
7. Stevanus Kemong
8. Safar
9. Benediktus Kabrahanubun
10. Beffli Arthur F Falandi
11. Nikodemus Kasibmabin
12. Yorinus Murib
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7801 seconds (0.1#10.140)