Jawa Tengah & DIY

Situs purbakala Semedo Tegal dibuat masterplan

Jum'at,  1 November 2013  −  12:18 WIB
Situs purbakala Semedo Tegal dibuat masterplan
IST

Sindonews.com - Kemendikbud melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman akan membuat masterplan atau perencanaan induk situs sejarah Semedo. Situs Semedo berada di Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Kepala Balai UPT Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran Sukron Edi mengatakan, perencanaan pembuatan masterplan Semedo guna mengembangkan situs sejarah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selain Semedo, ada juga situs Trinil Mojokerto dan Situs Pati Ayam. Situs Semedo adalah salah satu situs berupa Homo Erectus.

Situs Semedo adalah situs manusia purba yang baru ditemukan pada 2005. Situs yang ditemukan mengagumkan bagi kehidupan manusia dan lingkungan faunanya selama kala Plestosen.

Dari temuan fosil fauna diperkirakan berasal dari periode kehidupan sekitar satu juta tahun lalu. Situsnya yang ditemukan menunjukan karakter faunal dari fauna Trinil HK yang dicirikan oleh binatang Stegodon sp dan Elephas sp atau gajah purba, Rhinoceros sp atau badak, Sus sp atau babi, Cervus sp atau rusa, Hippopotamus sp atau kuda nil, maupun Bovidae berupa jenis sapi, kerbau, atau banteng.

"Pembuatan masterplan situs adalah untuk melindungi situs," kata Sukron yang bertanggung jawab atas situs purbakala itu, Jumat (1/11/2013).

Direktorat Pelestarian Cagar Budaya Dan Permuseuman, Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Harry Widianto mengatakan, masterplan adalah rencana awal.

"Kita ingin memberikan cerita ke masyarakat soal situs di Semedo," tambah Harry.


(lns)

views: 2.530x
Bagikan artikel ini :
shadow