alexa snippet

Narapidana Anak Kasus Pembunuhan Kabur saat Kerja Bakti

Narapidana Anak Kasus Pembunuhan Kabur saat Kerja Bakti
Ilustrasi penjara. Foto:Istimewa/Hasan Kurniawan/SINDOnews
A+ A-
YOGYAKARTA - Seorang narapidana anak kasus pembunuhan Bauli Ali Shihab (17) kabur dari Lapas Anak Wonosari. Bauli kabur saat lapas menyelenggarakan bakti sosial, di Masjid Alun-alun Wonosari.

Selang beberapa jam kemudian, Bauli ditangkap kembali. Bauli ditangkap usai makan di kawasan Umbulharjo Yogyakarta.

Kakanwil Kemenkumham DIY Pramono menyebut, Bauli ditangkap oleh tim pengejar dari Lapas Wonosari yang melakukan pelacakan. Berdasarkan informasi dari warga, keberadaan remaja keturunan Maroko ini akhirnya diketahui.

"Baru saja makan, keluar dari warung terlihat oleh petugas langsung diamankan. Tadi menjelang Magrib, dan langsung dibawa naik ke Wonosari," katanya, kepada wartawan, Rabu (19/10/2016).

Karena perbuatannya, Bauli langsung dimasukkan ke sel isolasi, dipisahkan dari narapidana lainnya. Hal tersebut sebagai sanksi awal yang diberikan, karena berusaha kabur.

Menurut rencana, Kamis 20 Oktober 2016, Bauli akan menjalani pemeriksaan dari pihak lapas. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui motivasi yang bersangkutan dari lapas.

Disinggung mengenai prose evaluasi terhadap kegiatan bakti sosial, Pramono menyebut kegiatan tersebut memiliki tujuan yang baik. Hanya saja dalam proses implementasinya masih ada celah yang harus diperbaiki.

Dari dugaannya, pelaku memanfaatkan kepercayaan yang diberikan petugas kepada peserta bakti sosial, sehingga pengawasan seperti agak longgar. Sesuai standar operasional yang berlaku, seharusnya tidak boleh ada pengurangan pengawasan.

"Mungkin dipengaruhi hubungan yang baik, seperti anak sendiri, kemudian agak lalai. Itu yang dimanfaatkan. Minggu depanlah saya akan ke sana untuk recarge ulang," pungkasnya.



(san)
dibaca 2.850x
loading gif
Top