Korupsi Pemiliharaan Dinas Kebersihan, Pejabat Pemkab Rohil Ditahan

Rabu, 20 Juli 2016 - 08:13 WIB
Korupsi Pemiliharaan Dinas Kebersihan, Pejabat Pemkab Rohil Ditahan
Korupsi Pemiliharaan Dinas Kebersihan, Pejabat Pemkab Rohil Ditahan
A A A
PEKANBARU - Penyidik Kejaksaan Negeri Rokan Hilir (Rohil), Riau menahan empat tersangka kasus tindak pidana korupsi dalam kegiatan pemeliiharaan berkala kendaraan operasional di Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pasar (DKPP).

Kepala Seksi Intelijen Kejari Rohil, Odit Megonondo mengatakan dari empat yang ditahan, beberapa diantaranya adalah pejabat di lingkungan Pemkab Rohil.

"Keempat tersangka yaitu IK selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), RA selaku PPTK, AS selaku Kasubbag Keuangan dan AF selaku Bendahara Pengeluaran DKPP Pemkab Rohil," katanya, Rabu (20/7/2016).

Keempat tersangka ditahan setelah Selasa 19 Juli 2016 diperiksa secara maraton dari pagi hingga sore. Bagi tersangka yang PNS, saat diperiksa, mereka masih menggunakan baju dinas.

Penahanan tersangka setelah penyidik memiliki alat bukti yang kuat. Odit menambahkan keempat tersangka ditahan penyidik selama 20 hari ke depan berdasarkan pasal 21 ayat (1) KUHAP.

"Usai menjalani pemeriksaan, para tersangka ditahan di Rutan Bagansiapiapi," tegasnya.

Berdasarkan hasil penyidikan tim kejaksaan, keempat tersangka melakukan korupsi secara bersama-sama dalam Kkegiatan pemeliharaan rutin/berkala kendaraan Operasional tahun anggaran 2015. Akibat korupsi berjamaah ini negara di rugikan Rp 2 miliar.

Untuk empat tersangka, penyidik menerapkan Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Ri 20 Tahun 2001 Jo. Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP dengan ancaman hukuman seumur hidup.

"Motif kasus ini adalah para tersangka membuat anggaran fiktif di DKPP. Akibanya uang yang bersumber dari APBD sebesar Rp2 miliar dikorupsi mereka," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8915 seconds (0.1#10.140)