H+3 Lebaran, Wisatawan Masih Padati Pantai Cipatujah

Sabtu, 09 Juli 2016 - 19:16 WIB
H+3 Lebaran, Wisatawan Masih Padati Pantai Cipatujah
H+3 Lebaran, Wisatawan Masih Padati Pantai Cipatujah
A A A
TASIKMALAYA - Kawasan Pantai Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat hingga hari ketiga Lebaran masih dipadati pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Mereka mengaku akan kembali mudik ke tempatnya bekerja di kota besar pada Minggu 10 Juli untuk mengejar masuk kerja pada Senin 11 Juli 2016.

Pantai Selatan Kabupaten Tasikmalaya sepanjang 53 kilometer memang memiliki sejumlah spot objek yang cukup indah, mulai dari Pantai Bubujung di Ciheras, Pasanggrahan, Sindangkerta, Pamayangsari, di Cipatujah, hingga Karangtawulan dan Pantai Cimanuk di Cikalong.

Pengunjung yang merasa kurang nyaman dengan tingkat kemacetan parah di Pantai Pangandaran biasanya memilih menuju Pantai Selatan Tasikmalaya melalui jalur selatan yang bisa ditempuh kurang lebih 1,5 jam lamanya.

"Tetapi di sini khususnya di Pantai Cipatujah pengunjung jangan sekali-kali mencoba berenang, karena sangat berbahaya dan seringkali memakan korban. Paling di Sindangkerta saja dikubangan batu karang pengunjung bisa bermain air, itupun tidak sampai ke tengah karena juga sangat berbahaya bagi keselamatan dengan karakter ombak yang sangat besar," ungkap Ketua DPD HNSI Kabupaten Tasikmalaya Dedi Mulyadi di lokasi, Sabtu (9/7/2016).

Di kawasan Pantai Cipatujah memang tidak memiliki lifeguard atau petugas penyelamat sendiri, sehingga setiap libur yang banyak mengundang pengunjung para nelayan menyiapkan sendiri tim penyelamat meski dengan peralatan dan perlengkapan seadanya.

"Kami memiliki SAR nelayan dengan anggota lebih dari 10 orang, perahu biasa menggunakan yang biasa dipakai melaut. Hanya itu saja yang kami siapkan dan tentunya hanya mengandalkan pengetahuan dan pengalaman saja untuk menolong mereka yang tenggelam," jelas Dedi.

Sementara itu, Camat Cipatujah Maman Jamaludin mengatakan, objek wisata Pantai Sindangkerta merupakan kawasan pantai yang paling banyak dikunjungi. Pasalnya, anak-anak bisa lebih leluasa bermain air laut dipinggir pantai tanpa khawatir tersapu ombak besar Pantai Selatan. Pascahari pertama libur Idul Fitri, terdata lebih dari 1.000 pengunjung yang datang ke Pantai Cipatujah.

"Kalau penjagaan telah kami peringatkan sejak dini, dari mulai pintu masuk pengunjung diperingatkan agar jangan berenang. Alhamdulillah sejauh ini tidak ada kecelakaan, meski kami berharap alangkah lebih baik apabila di Pantai Cipatujah ini dibentuk lifeguard untuk mengantisipasi kecelakaan tenggelam di laut," ujar Maman.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3584 seconds (0.1#10.140)