Polisi Amankan 6 Pelaku Pembakar Hutan dan Lahan

Minggu, 07 Februari 2016 - 16:18 WIB
Polisi Amankan 6 Pelaku Pembakar Hutan dan Lahan
Polisi Amankan 6 Pelaku Pembakar Hutan dan Lahan
A A A
PEKANBARU - Kasus kebakaran hutan dan lahan di Riau masih terus saja terjadi. Enam warga terpaksa diamankan pihak Polres Rohil karena kedapatan sedang membakar lahan.

"Saat kita melakukan pengecekan di pangan, ternyata ada yang sedang melakukan aksi pembakaran," kata Kapolres Rohil Subiantor Kamis (7/2/2016).

Dia menjelaskan kebakaran itu berada ada di beberapa titik yakni Desa Sungai Segajah dan di Jalan Dam II Kecamatan Kubu. Bersama aparatur daerah dan tokoh masyarakat, polisi mendatangi lokasi.

"Di lokasi kita temukan sekitar 20 hektar lahan terbakar. Kita pun bersama masyarakat melakukan pemadaman," ucapnya.

Kapolres Rohil yang terjun ke lokasi juga menyebutkan, anggotanya diperintahkan untuk mencari siapa yang melakukan pembuakaan lahan dengan cara di bakar itu.

"Kemudian kita temukan pekerja ada tiga orang atas nama Andi (16), Nurmansyah (16) dan Alex (50)," imbuhnya.

Kasus penyelidikan pembakaran tidak berhenti di situ. Tim kemudian melakukan penyisiran dan kembali menemukan satu alat berat jenis eskavator yang diduga menggarap itu. Polisi kemudian mengamankan tiga operatornya yakni Sarman, Sardi dan Maliki.

"Lokasi areal kebakaran berstatus Open Access pada Hutan Produksi (moratorium izin). Selain alat berat kita juga mengamankan belasan dirgen berisi minyak tanah yang diduga untuk membakar. Saat ini tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolres Rohil," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1548 seconds (0.1#10.140)