Gunung Api Soputan Meletus, 11 Desa Tertutup Abu Vulkanik

Selasa, 05 Januari 2016 - 15:35 WIB
Gunung Api Soputan Meletus, 11 Desa Tertutup Abu Vulkanik
Gunung Api Soputan Meletus, 11 Desa Tertutup Abu Vulkanik
A A A
MINAHASA - Letusan gunung api Soputan berdampak langsung di dua kabupaten Sulawesi Utara. Akibat semburan abu vulkanik itu, 11 desa tertutup abu vulkanik mencapai dua sampai lima centimeter.

Di Kabupaten Minahasa Tenggara, terdapat dua desa yang dilanda hujan abu vulkanik. Satu di antaranya Desa Pangu. Sedangkan di Kabupaten Minahasa, terdapat sembilan desa terkena dampak debu vulkanik soputan.

Tiga desa di antara yang terparah adalah Desa Noongan Raya, Desa Noongan, Desa Paringis. Akses jalan penghubung desa ini ditutupi debu vulkanik dengan ketebalan mencapai lima centimeter dan jarak pandang antara 20-40 meter.

Meski tampak normal, aktivitas warga terganggu karena kebanyakkan di antaranya mereka lebih memilih berdiam diri di rumah. Seperti yang dirasakan Ibu Yunetha, warga Noongan, Kecamatan Langowan Barat, Minahasa.

Warga sendiri berharap, dampak letusan Soputan tidak berkepanjangan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Warga mengaku jadi mudah terserang infeksi saluran pernafasan akut.

Meski demikian, warga tetap waspada dengan letusan susulan Soputan yang bisa menimbulkan efek kerugian lebih besar, baik bagi pemukiman mereka maupun perkebunan yang rusak akibat tertutup abu vulkanik.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7239 seconds (0.1#10.140)