20 Hari Lagi Bebas, Napi Lapas Terbuka Kendal Kabur

Kamis, 24 Desember 2015 - 23:30 WIB
20 Hari Lagi Bebas, Napi Lapas Terbuka Kendal Kabur
20 Hari Lagi Bebas, Napi Lapas Terbuka Kendal Kabur
A A A
KENDAL - Panji Laksono alias Kecing, narapidana Lapas Terbuka yang terletak di Desa Kartika Jaya, Kecamatan Patebon Kendal, melarikan diri.

Narapidana asal Dukuh Sawah Alas, Desa Plantaran Kaliwungu Selatan tersebut dihukum atas kasus pencurian laptop dan handphone.

Kepala Satuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Bleder Sugiyanto mengatakan, Panjir merupakan narapidana pindahan dari Lapas Kelas 2A Kendal yang harus menjalani hukuman delapan bulan penjara.

"Yang bersangkutan pindah ke lapas terbuka pada 10 November lalu. Karena sudah menjalani dua pertiga masa hukuman di Lapas Kelas 2A," ujarnya, kepada wartawan, Kamis (24/12/2015).

Dikatakannya, Panji kabur sejak Selasa 22 Desember 2015 tanpa alasan jelas. Hingga kemarin, keberadaannya belum diketahui. "Padahal 20 hari lagi dia akan bebas karena menjalani dua pertiga hukuman," paparnya.

Menurutnya, tahanan yang dipindah ke Lapas Terbuka tidak hanya sudah menjalani masa hukuman dua pertiga dari putusan pengadilan. Tahanan bisa dipindah ke Lapas Terbuka karena memiliki kelakuan baik dan mendapat persetujuan Kemenhumham.

"Pertimbangan pemindahan sendiri juga melalui keputusan pengadilan, bahkan selama di sini (Bleder) Panji juga berlakuan baik," tuturnya.

Lapas Terbuka sendiri lebih bersifat pembinaan narapidana yang dititipkan dan masa asimilasi. Penghuni berada dalam satu rumah tahanan, namun menempati kamar sendiri-sendiri.

Sehari-hari, para penghuni beraktivitas mengerjakan lahan kebun di kawasan lapas. "Sifatnya lapas ini memang terbuka, jadi hanya pembinaan, bukan pengawasan. Dasarnya hanya kepercayaan," tambahnya.

Sejauh ini, pihaknya memastikan masih melakukan pengejaran terhadap Panji. Selain itu, pihaknya juga melaporkan kejadian ini ke Polres Kendal.

"Kami sudah melapor dan melakukan pencarian, bahkan kami sudah melacak kerumah Panji namun hasilnya nihil," imbuhnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Kendal Iptu Fiernando Adriyansah, membernarkan jika dirinya kini sedang melakukan pencarian satu narapidana di Lapas terbuka Bleder yang kabur beberapa lalu.

"Memang ada, yang kabur hanya satu tahanan," tuturnya.

Pengejaran dilakukan dengan menyebar beberapa petugas dan mencari informasi dari pihak keluarga. "Saat ini masih kami pantau, dan terus melakukan pengejaran," tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3627 seconds (0.1#10.140)