Desember, TNGM Hijaukan Hutan yang Terbakar

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 01:04 WIB
Desember, TNGM Hijaukan Hutan yang Terbakar
Desember, TNGM Hijaukan Hutan yang Terbakar
A A A
YOGYAKARTA - Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) baru bisa melakukan penghijauan hutan yang dibakar orang tak bertanggung jawab di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, pada Desember mendatang. Sebab, jika disesuaikan jadwal rutin untuk penanaman pohon yaitu Oktober nanti, hanya sia-sia.

"Penghijauan kami rutin dilakukan Oktober. Tapi hanya akan sia-sia saja nanti. Informasi dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Yogyakarta, ada El Nino," kata Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan TNGM Dhany Suryawan, Jumat (28/8/2015).

Untuk itu, penanaman bibit pohon tersebut disesuaikan ketika sudah masuk musim penghujan. Dengan begitu, tanaman baru bisa terjamin suplai airnya. "Kita akan kembali menghitung luasan berapa hektare yang terbakar," ujarnya.

Lanjut dia, ratusan pohon pinus mati akibat terjadinya kebakaran ini. "Semak belukar kering yang terbakar, merembet membakar ratusan pohon pinus," ucapnya.

Meski dampaknya cukup besar, tak sampai mengganggu habitat satwa langka. Burung elang jawa yang menjadi ikon dari gunung api aktif normal ini. "Elang jawanya masih aman. Karena wilayahnya tidak berada di sana," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3416 seconds (0.1#10.140)