3 Pembakar Taman Nasional Tesso Nillo Ditangkap

Sabtu, 04 Juli 2015 - 06:31 WIB
3 Pembakar Taman Nasional Tesso Nillo Ditangkap
3 Pembakar Taman Nasional Tesso Nillo Ditangkap
A A A
PEKANBARU - Polres Pelalawan, Riau, berhasil menangkap pelaku pembakar lahan Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN). Kini tersangka dijebloskan ke penjara untuk penyelidikan lebih lanjut.

Tiga tersangka yang ditangkap adalah Tumpal (60), Pandu (25), dan Harianto (34). Mereka adalah warga Sako Godang, Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Pelalawan.

Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo menjelaskan, mereka ditangkap di kawasan Lubuk Kembang Bunga, Ukui, saat sedang membersihkan lahan dengan cara dibakar.

"Dari tangan tersangka kami mengamankan barang bukti, mancis (korek), parang, dan sebuah sepeda motor yang dipakai untuk membuka lahan di TNTN," tegas Kabid Humas Polda Riau, Jumat (3/7/2015).

Tersangka ditangkap saat polisi yang sedang melakukan patroli. Saat patroli di kawasan hutan dilindungi negara itu, polisi melihat aktivitas pemberisahan lahan dengan cara dibakar.

"Petugaspun langsung membekuk mereka tanpa perlawanan," ucap Guntur Aryo Tejo.

Taman Nasional Tesso Nillo yang berada di Kabupaten Pelalawan kini memang sedang kritis. Aktivitas perambahan terjadi sangat besar. Dari 83 ribu luas TNTN, kini setengahnya telah beralih fungsi jadi perkebunan dan pemukiman penduduk.

"Saat ini tersangka diproses di Polres Pelalawan," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5045 seconds (0.1#10.140)