Ada Sekolah Diduga Potong BSM untuk Beli Drum Band

Minggu, 31 Mei 2015 - 02:00 WIB
Ada Sekolah Diduga Potong BSM untuk Beli Drum Band
Ada Sekolah Diduga Potong BSM untuk Beli Drum Band
A A A
SUBANG - Dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) di SDN Kertamukti Kecamatan Blanakan, Subang, dikeluhkan sejumlah orangtua siswa dan guru. Pasalnya, bantuan yang diperuntukkan bagi siswa tidak mampu tersebut, malah dibelikan peralatan drum band.

Guru SDN Kertamukti Hilal menuturkan, di tahun 2014 lalu, sebanyak 261 dari total 300 lebih siswa sekolahnya mendapat dana BSM, sebesar Rp460.000 per siswa.

Namun, dari bantuan sebesar Rp460.000 yang harus diterima setiap siswa, kenyataannya masing-masing siswa hanya kebagian setengahnya, atau sekitar Rp200.000 per orang. "Dana BSM itu dipotong setengahnya, sebab yang keterima masing-masing siswa cuma sekitar Rp200.000," katanya.

Meski kebijakan pemotongan dana BSM itu merupakan kesepakatan antara Komite Sekolah dengan kepala sekolah terkait, namun sejumlah guru maupun orangtua siswa merasa keberatan. "Beberapa orangtua siswa mengeluhkan pemotongan itu ke kami, mereka keberatan,"ucapnya.

Penyebabnya, selain potongannya cukup besar, yakni setengahnya dari nilai bantuan yang seharusnya diterima siswa, penggunaan dana hasil pemotongan yang malah dibelikan peralatan drum band, juga dinilai tidak tepat.

"Kesepakatan komite dengan kepala seklah , hasil pemotongan itu dibelikan alat-alat kesenian drum band. Ini dinilai kurang sesuai dengan kebutuhan," jelas Hilal.

Saat dikonfirmasi, Kepala SDN Kertamukti Kecamatan Blanakan, E Suherman, membantah ada pemotongan dana BSM di sekolahnya. Menurutnya, pembelian alat-alat kesenian drum band sepenuhnya dibiayai dari dana bantuan operasional sekolah (BOS) secara menyicil.

"Kata siapa dana BSM dipotong, apalagi sampai setengahnya? Bohong itu. Kami memang membeli peralatan drum band, tapi biayanya dari dana BOS, itu juga belinya nyicil. Jadi, gak benar kalau drum band dibeli dari uang hasil pemotongan dana BSM," pungkas.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4397 seconds (0.1#10.140)