Bus Rombongan Ziarah Tabrak Mobil di Magelang, Sopir Terjepit

Rabu, 18 Januari 2023 - 18:51 WIB
loading...
Bus Rombongan Ziarah Tabrak Mobil di Magelang, Sopir Terjepit
Evakuasi sopir bus berlangsung dramatis karena terjepit pedal gas saat bus rombongan ziarah tabrak mobil di Magelang, Rabu (18/1/2023). Foto: MPI/Taufik Budi
A A A
MAGELANG - Bus rombongan ziarah tabrak mobil di Magelang Jawa Tengah, Rabu (18/1/2023). Akibatnya sopir bus terjepit hingga evakuasi berlangsung dramatis yang dilakukan oleh tim SAR gabungan.

Sopir bus itu adalah Ari Siswanto(40) warga Desa Banjaran RT 05/05 Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Peristiwa bermula sekira pukul 11.40 WIB, bus pariwisata dari Jepara melintas di jalan raya Desa Kedungdowo Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.


Bus itu mengangkut rombongan penumpang sebanyak 50 orang menuju Gunungpring untuk melakukan ziarah. Namun saat melintas di lokasi kejadian, terdapat mobil di depan yang berhenti mendadak.



"Karena truk di depan berhenti mendadak sang sopir tidak bisa mengendalikan terjadilah kecelakaan," ungkap Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto.

Akibatnya, sopir bus menderita cedera pada kaki kiri terjepit pedal kopling karena benturan bodi bus. Dengan informasi tersebut, Basarnas Unit Siaga Borobudur memberangkatkan 1 tim rescue untuk melakukan pertolongan disertai alut SAR Ekstrikasi.



Setelah melakukan upaya penyelamatan, sopir bus pariwisata berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat pada pukul 13.40 WIB. Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Merah Putih untuk mendapatkan perawatan medis.

"Proses penyelamatan dengan memotong bodi dashboard dengan Comby Cutter untuk buka akses penyelamatan dan dibantu Ram Jack untuk merenggangkan kopling yang menjepit kaki korban. Dengan berhasinya evakuasi maka operasi SAR ditutup dan tim SAR gabungan kembali ke kesatuan masing-masing," tutupnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0958 seconds (0.1#10.140)