Indahnya Alam Bukit Bongbang Memiliki Daya Tarik Tersendiri

Senin, 13 Juli 2020 - 23:29 WIB
loading...
Indahnya Alam Bukit Bongbang Memiliki Daya Tarik Tersendiri
Bukit Bongbang adalah salah satu bukit yang berada di atas Kampung Cikupa, Desa Cikarang, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto/Ist)
A A A
LEBAK - Bukit Bongbang adalah salah satu bukit yang berada di atas Kampung Cikupa, Desa Cikarang, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak, Banten.

Dikelilingi gunung-gunung, pemandangan sebelah timur nampak diantaranya Gunung Gadung dan Gunung Angsana.

Suasana sejuk khas udara pegunungan dengan emiliki keindahan alam menakjubkan dengan panorama yang masih alami. Hal ini memanjakan mata saat melihat keindahan alam pegunungan, bagi setiap pengunjung yang datang ke tempat ini. (BACA JUGA: Penjarahan Hutan Dekat Taman Nasional Danau Zamrud Kian Menjadi)

Di bawah bukit, terdapat hamparan pesawahan, air terjun Simerak di kaki Gunung Gadung sebelah timur yang bisa ditempuh sekitar 30 menit dari atas Bukit Bongbang. Tak jauh dari tempat itu, terdapat aliran Sungai Cilaki yang membelah perkampungan.

Aliran sungai yang dipenuhi bebatuan itu sekaligus menjadi batas antara Kampung Cikoneng dan Kumpay Kecamatan Sajira dengan Kampung Handam Kecamatan Muncang.

Bukit Bongbang dengan luas sekitar dua hektare itu berada 2500 meter di atas permukaan laut. Saat dini hari saat cuaca baik, pengunjung akan menikmati pemandangan indahnya awan yang berada di kaki bukit. Ketika siang hari, pengunjung akan disuguhkan taman bunga yang berada di puncak bukit.

Tak kalah menarik saat malam hari, lampu lampu terang perkotaan kawasan Bogor dan Tangerang nun jauh disana yang berderet seakan menjadi batas antara gunung-gunung dan langit.

Pengelola tempat Wisata Bukit Bongbang, Asep Alibuni mengatakan meski saat ini masih proses, untuk memberikan kenyamanan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata Bukit Bongbang, pengelola akan menyediakan fasilitas kolam renang, villa dan tempat selfie.

Untuk mencapai lokasi Bukit Bongbang dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari pusat Kota Rangkasbitung, dengan mengendarai sepeda motor. Adapun rute menuju lokasi dari Rangkasbitung -Sajira Muncang, Rangkasbitung-Leuwidamar Muncang atau dari arah Bogor -Cipanas- Muncang. Untuk menikmati keindahan alam di Bukit Bongbang, pengunjung hanya dibebankan tiket masuk termasuk parkir kendaraan Rp5 ribu. (BACA JUGA: Pemda Siap Biayai Rp2,5 Miliar untuk Operasi Bayi Kembar Siam Inaya-Anaya)

Agar wisatawan menikmati keindahan alam Bukit Bongbang lebih lama lagi, pengunjung bisa berkemah dengan membawa alatnya sendiri. Jika tidak ingin repot, pengunjung bisa menyewa tenda atau villa yang telah disediakan pengelola.

“Sebagai warga Lebak, kami ingin ikut memberikan sumbangsih sebagai dukungan nyata khususnya kepada Pemkab Lebak, sesuai dengan visi Ibu Bupati menjadikan Lebak sebagai kawasan wisata,” ungkap pengelola tempat Wisata Bukit Bongbang, Asep Alibuni dalam keterangan tertulisnya, Senin 13 Juli 2020.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3182 seconds (0.1#10.140)