Perampokan ATM Bank di Malang Gagal, Pelaku Bawa Las 

Minggu, 15 Januari 2023 - 11:03 WIB
loading...
Perampokan ATM Bank di Malang Gagal, Pelaku Bawa Las 
Perampokan ATM bank di Malang gagal, pelaku beraksi membawa alat las.Foto/ilustrasi
A A A
MALANG - Sebuah Anjungan Tunai Mandiri ( ATM ) di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang nyaris dirampok. Peristiwa ini terjadi pada Sabtu dini hari (14/1/2023) sekitar pukul 02.10 WIB.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Achmad Taufik menyatakan, upaya pembobolan ATM ini dilakukan oleh KY (40) warga Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, seorang diri.

Saat itu petugas kepolisian menerima aktivitas mencurigakan di mesin ATM yang ada di Jalan Raya Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang dari petugas keamanan bank, setelah mendapat informasi dari masyarakat.

"Kami mendapat laporan dari petugas keamanan yang memperoleh informasi dari masyarakat. Terjadi peristiwa pembobolan mesin ATM di Pakis, namun pelaku bisa ditangkap," ucap Taufik dikonfirmasi Minggu pagi (15/1/2023).

Baca juga: Minibus Diduga Rem Blong Masuk 50 Meter di Mojokerto, 7 Penumpang Luka Parah

KY menjalankan aksi pembobolan ini tergolong nekat. Ia membawa seperangkat alat pengelasan, termasuk tabung gas yang diangkut ke sebuah mobil minibus Daihatsu Grandmax.

"Sebelum melancarkan aksinya, tersangka terlebih dahulu merusak kamera CCTV dengan cara mengecat menggunakan cat semprot. Hal ini dilakukan agar pembobolan tidak diketahui oleh petugas bank," ungkap dia.

Selanjutnya, dengan menggunakan seperangkat alat pengelasan tersangka menjalankan aksinya dengan cara membongkar bagian bawah mesin ATM menggunakan seperangkat alat pengelasan. Tapi pelaku gagal membongkar mesin ATM karena peralatan las yang dipakai tak sanggup menjebol tebalnya plat besi pengaman mesin.

Meski begitu, Polsek Pakis yang mendapat laporan segera menindaklanjuti, dengan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemeriksaan saksi-saksi di lokasi.

"Petugas keamanan bank melapor sekitar pukul 06.00 WIB, personel Polsek Pakis kemudian segera mendatangi TKP dan melakukan penyelidikan. Kami dengan petugas keamanan bank juga memeriksa rekaman kamera CCTV di sekitar TKP," ujarnya.

Lebih lanjut Taufik menjelaskan, berbekal rekaman CCTV petugas gabungan opsnal Polres Malang dan Polsek Pakis melakukan penyelidikan terhadap pelaku. Personel gabungan itu kemudian berhasil mendeteksi keberadaan pelaku, dan melakukan penangkapan di rumahnya tanpa perlawanan.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan seperangkat peralatan las yang dipakai untuk membobol mesin ATM. Cat semprot dan mobil yang digunakan membawa peralatan juga turut disita pihak kepolisian.

"Tersangka masih dilakukan pendalaman oleh penyidik, terkait kemungkinan melakukan hal yang sama di tempat lain," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)