Pemkot Malang Jamin Pendidikan Anak Korban Tragedi Kanjuruhan

Jum'at, 13 Januari 2023 - 15:45 WIB
loading...
Pemkot Malang Jamin Pendidikan Anak Korban Tragedi Kanjuruhan
Tragedi Kanjuruhan. Foto: Istimewa
A A A
MALANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, menjamin pendidikan anak-anak korban tragedi Kanjuruhan yang ditinggal orang tuanya meninggal, pasca tiga bulan peristiwa terjadi.

Hal ini disampaikan korban tragedi Kanjuruhan yang harus kehilangan orang tuanya Yusril (3,5) dan Defan (1,5) ditinggal oleh ibunya Radina Astrida Lufitasari (21), dan keluarga Alfiansyah (11) warga Bareng, Kota Malang saat mengadukan ke DPRD Kota Malang.

Kakek dari kedua anak yang terdampak menyampaikan keluh kesahnya, termasuk terkait kelanjutan pendidikan dan kesejahteraan pasca ibu kedua anak ini menjadi korban.



Sang kakek Hari Prasetyo juga meminta pendampingan psikis ke kedua cucunya karena sang ayah yang masih menjalani hukuman pidana.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Suwarjana memastikan, bila anak-anak dari korban tragedi Kanjuruhan yang kurang beruntung bakal dijamin pendidikannya.

"Tidak ada warga Kota Malang yang tidak bisa sekolah gara-gara tidak punya biaya, tidak punya seragam, transportasi, dan sekolah SD dan SMP semua gratis," ungkap Suwarjana, Jumat (13/1/2023).



Namun bila anak itu bersekolah di sekolah swasta, Pemkot Malang berencana memberikan fasilitas salah satunya beasiswa bagi yang kurang beruntung.

"Seandainya swasta harus membayar maka kita fasilitasi, ada yang namanya beasiswa kurang beruntung, untuk SD dan SMP ada di kami, untuk SMA/SMK bahkan sampai perguruan tinggi ada di Kesra," jelasnya.

Pihaknya menambahkan, para wali anak korban tragedi Kanjuruhan bisa dibantu pihak sekolah untuk mendapat akses jaminan pendidikan itu. Jika para wali merasa dipersulit, dirinya menyarankan melapor ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang untuk ditindaklanjuti.

"Datang saja ke sekolahnya, mana yang mau menghambat berpendidikan langsung laporkan ke kami, dan itu sudah kami sosialisasikan kepada semua sekolah, kalau SMA/ SMK kami merangkul dengan UPT (Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur), untuk SD dan SMP ranah kami," bebernya.

"Bayar dan tidaknya, semuanya gratis untuk negeri (SD dan SMP) gratis, untuk yang swasta sampaikan ke kami akan difasilitasi dan teman-teman swasta mendukung," tandasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2370 seconds (0.1#10.140)