5 Raja Yogyakarta yang Paling Lama Menjabat, Nomor Terakhir sampai 48 Tahun

Kamis, 12 Januari 2023 - 10:57 WIB
loading...
5 Raja Yogyakarta yang Paling Lama Menjabat, Nomor Terakhir sampai 48 Tahun
Terdapat lima raja Yogyakarta yang paling lama menjabat sepanjang sejarahnya. Salah satunya Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat lima raja Yogyakarta yang paling lama menjabat sepanjang sejarahnya. Pemerintahan dengan sistem kerajaan seperti Yogyakarta sampai sekarang masih memiliki pemimpin yang disebut sebagai raja Yogyakarta.

Berdirinya kerajaan di Yogyakarta tentu tak lepas dari para pemimpin kerajaan yang memiliki pengaruh yang besar dalam mengelola wilayahnya. Maka tak heran jika raja yang berhasil memerintah kerajaan memiliki periodisasi yang lama.

Baca juga : Mengenal Tingkatan Kedudukan dan Jabatan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta

Dikutip dari kratonjogja.id, berikut lima raja Yogyakarta yang paling lama menjabat.

1. Sri Sultan Hamengku Buwono I (1755-1792)

Sri Sultan Hamengku Buwono I atau yang dikenal dengan nama Pangeran Mangkubumi, merupakan pendiri dan pembangun Keraton Yogyakarta. Pangeran Mangkubumi lahir pada tanggal 5 Agustus 1717 dengan nama Bendara Raden Mas (BRM) Sujono.

Pangeran Mangkubumi merupakan putra Sunan Amangkurat IV melalui garwa selir yang bernama Mas Ayu Tejawati. Setelah tumbuh dewasa, ia diangkat menjadi pangeran lurah atau para pangeran putera raja.

Berdirinya keraton Yogyakarta merupakan bagian dari perjuangan Pangeran Mangkubumi karena berhasil mendesak VOC atas penguasaan di Mataram dan berhasil mencapai kesepakatan melalui perjanjian Nagari.

Dengan ditandatanganinya perjanjian Nagari, Kasultanan Yogyakarta dimulai. Pada Kamis Pon, 13 Maret 1755 (29 Jamadil Awal 1680 TJ) dan Pangeran Mangkubumi dinobatkan sebagai raja pertama Ngayogyakarta Hadiningrat dengan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono I.

2. Sri Sultan Hamengku Buwono II (1792-1828)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3226 seconds (0.1#10.140)