Bencana Hidrometeorologi Masih Mengintai, BMKG Ingatkan Warga Sulut Waspadai Cuaca Ekstrem

Kamis, 12 Januari 2023 - 08:39 WIB
loading...
Bencana Hidrometeorologi Masih Mengintai, BMKG Ingatkan Warga Sulut Waspadai Cuaca Ekstrem
BMKG mengingatkan warga di wilayah Sulawesi Utara, untuk tetap mewaspadai terjadinya cuaca ekstrem hingga dua hari ke depan. Foto/BMKG
A A A
MANADO - Bencana hidrometeorologi akibat cuaca ekstrem, berpotensi masih akan terjadi di wilayah Sulawesi Utara (Sulut). BMKG mengingatkan warga di wilayah Sulut, untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca esktrem dalam beberapa hari ke depan.



Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle berharap warga waspada dan berhati-hati ketika melakukan aktivitas. "BMKG masih mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk beberapa hari ke depan," ujarnya.



Masyarakat diharapkan mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang. Hari ini, cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.



Di hari berikutnya, Jumat (13/1/2023), kondisi cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara pada Sabtu (14/1/2023) cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud. "Kami berharap warga jangan lengah, dan melakukan langkah antisipasi secara mandiri, khususnya mereka yang tinggal di daerah rawan bencana banjir, longsor atau bencana lainnya," ujarnya.



BMKG Sulut, sebut dia terus berharap warga mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi yang berpeluang terjadi pada kondisi seperti ini. Beberapa hari belakangan ini, kondisi cuaca di Sulut, mengalami perubahan signifikan, angin kencang terjadi hampir di sejumlah daerah, hujan lebat mengguyur sejumlah wilayah, ketinggian gelombang laut diperkirakan mencapai empat meter.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.1043 seconds (0.1#10.140)