Jutaan Warga Nahdliyin Diperkirakan Hadiri Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo

Rabu, 11 Januari 2023 - 14:56 WIB
loading...
Jutaan Warga Nahdliyin Diperkirakan Hadiri Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo
Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf saat diwawancara wartawan di Surabaya, Rabu (11/1/2023).Foto/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU ) bakal menggelar Resepsi Puncak Satu Abad NU di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa (7/2/2023) mendatang. Presiden Joko Widodo, para menteri Kabinet Indonesia Maju, duta besar negara sahabat, ratusan ulama internasional hingga sejuta kader NU dijadwalkan menghadiri acara tersebut.

Event ini adalah kegiatan seremonial yang menjadi simbol kebangkitan baru menuju Abad Kedua NU. Acara dilaksanakan dengan membawa tiga momentum dasar yakni spiritual, organisasi dan kultural.

“Saya atas nama PBNU, atas nama seluruh warga NU mohon maaf kepada masyarakat Surabaya, Sidoarjo, dan mungkin lebih luas pada saat kami menyelenggarakan resepsi besar peringatan Harlah Satu Abad NU,” kata Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) di Surabaya, Rabu (11/1/2023).

Pihaknya mengajak kepada semua pihak untuk ikut bersama PBNU, karena PBNU akan berupaya menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yang akan membawa suasana kegembiraan dan kebahagiaan.

Baca juga: Presiden Jokowi Kenakan Batik Canteng Koneng Sumenep di HUT PDI Perjuangan

“Untuk semua orang, kami akan selenggarakan berbagai festival, ada festival kuliner, seni, karnaval dan sebagainya. Pada akhirnya nanti yang kami harapkan NU bisa hadir diterima, bekerja sama dengan semua orang secara luas, bukan hanya dengan warga NU saja," tuturnya.

Gus Yahya mengingatkan kepada seluruh Nahdliyin, NU adalah jalan keagamaan untuk mencapai kemuliaan di masa depan. “Mari dengan menekuni tradisi, menekuni wawasan-wawasan keagamaan NU ini Insya Allah warga NU akan ikut menyumbang secara konstruktif bagi masa depan yang lebih baik, lebih mulia,” jelasnya.

Sementara itu, ada sejumlah titik yang dipakai untuk melaksanakan event ini, di antaranya Panggung Parkir Timur Stadion, Panggung Outdoor, dan Indoor Stadion. Sejumlah acara di parkir timur, yakni Lailatul Qiro’ah, digelar Selasa (7/2/2023) dinihari pukul 00.00-01.00 WIB. Kemudian ada Manaqib Syech Abdul Qadir Jaelani pukul 01.00-02.00 WIB.

Acara dilanjutkan dengan Qiyamul Lail (Rhatib Al-Attas dan Asmaul Husna) pukul 02.00-03.00 WIB. Kemudian Ijazah Qubro pukul 03.00-04.00, serta Salat Subuh berjamaah pukul 04.00-05.00 WIB. Untuk panggung outdoor akan diisi dengan Selawatan yang dipimpin Al Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, pada pukul 05.00-07.00 WIB.

Acara di Indoor Stadion mulai pukul 05.00-06.00 diisi dengan briefing kesiapan pelaksanaan acara, pembagian konsumsi VIP dan VVIP, serta verifikasi gelang akses masuk. Kemudian pukul 06.00-07.20, diisi dengan acara pengecekan menyeluruh mulai gladi bersih konfigurasi gerakan dengan membentuk huruf 1 Abad NU & NU Digdaya oleh peserta di area tribun kedatangan para kiai, tamu, dan undangan khusus. Persiapan lain yakni persiapan live streaming dan registrasi peserta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)