Laga Persib VS Persija 3.500 Polisi Dikerahkan, Ini Langkah Tegas Jika Rusuh

Selasa, 10 Januari 2023 - 21:55 WIB
loading...
Laga Persib VS Persija 3.500 Polisi Dikerahkan, Ini Langkah Tegas Jika Rusuh
Sebanyak 3.500 polisi bakal mengamankan jalannya laga Persib vs Persija di Stadion GBLA, Kota Bandung, Rabu (11/1/2023). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Polda Jabar membuat skenario pengamanan laga adu gengsi Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung. Pertandingan akan digelar Rabu (11/1/2023) besok.

Karoops Polda Jabar, Kombes Pol Budi Wasono mengatakan, pihaknya terus mematangkan persiapan pengamanan mengingat pola pengamanan yang berbeda dalam laga kali ini.



Kombes Budi menjelaskan, Ring 1 atau Zona 1 merupakan tanggung jawab panitia pelaksana (panpel) pertandingan dengan dukungan steward di dalam stadion kurang lebih berjumlah 500 orang.

"Untuk keberadaan polisi ada di posisi Ring 2, tetapi begitu ada permasalahan di dalam dan ada permintaan dari steward kita baru bisa masuk ke dalam," jelas Kombes Budi usai memimpin Tactical Floor Game (TFG) pengamanan laga Persib vs Persija di Stadion GBLA, Selasa (10/1/2023).

Kombes Budi menerangkan, sesuai Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022, polisi akan melakukan pengamanan mulai Ring 2, 3 dan 4. Dengan demikian, tidak ada polisi yang berjaga di dalam area stadion.

Namun, polisi bisa saja masuk ke dalam stadion dengan sejumlah syarat. Apabila terjadi rusuh atau chaos, kata Kombes Budi, polisi tetap harus menunggu permintaan dari panpel atau steward.



"Ada situasi merah (baru bisa masuk stadion). Ada hijau, kuning, dan merah. Begitu kuning mereka sudah melaporkan pada kita untuk persiapan. Begitu situasi tidak bisa terkendalikan atau situasi merah, baru bisa masuk sesuai permintaan dari panpel," paparnya.

Dalam upaya mematangkan persiapan pengamanan, lanjut Kombes Budi, hari ini dilakukan gladi bersih atau TFG dengan harapan laga Persib kontra Persija bisa berlangsung aman dan kondusif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)