Tokoh Pemuda Kaltim Puji Langkah Berani Jokowi Pindahkan Ibu Kota Negara

Selasa, 10 Januari 2023 - 13:05 WIB
loading...
Tokoh Pemuda Kaltim Puji Langkah Berani Jokowi Pindahkan Ibu Kota Negara
Tokoh Pemuda Kalimantan Timur (Kaltim) Ikzan Nopardi memuji perpindahan ibu kota negara (IKN) yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Ist)
A A A
SAMARINDA - Tokoh Pemuda Kalimantan Timur (Kaltim) Ikzan Nopardi memuji perpindahan ibu kota negara (IKN) yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya langkah yang diambil Jokowi tersebut merupakan tindakan berani yang harus dilakukan.

Ikzan menyebutkan urgensi yang mengharuskan perpindahan IKN segera dilakukan. Di antaranya adalah karena kepadatan penduduk yang menumpuk di Pulau Jawa.

“Kita melihat bahwa Presiden Jokowi punya keberanian untuk memindahkan IKN dengan beberapa alasan. Pertama soal kepadatan penduduk, ancaman tenggelamnya Jakarta, pemerataan dan lain sebagainya,” ujar Ikzan di Universitas Mulawarman.

Ikzan juga melihat perpindahan IKN yang digagas Jokowi ini bukan hanya terfokus pada pembangunan fisik. Namun, lanjutnya, juga mendorong pemerataan ekonomi di seluruh daerah.

“Dengan ini tentu yang menjadi catatan adalah proses perpindahan IKN tidak hanya pemindahan secara fisik saja, tapi juga secara mindset dan pertumbuhan ekonomi yang tidak Jawa Sentris lagi,” tuturnya.

Baca: Terungkap! Laptop Jaksa KPK yang Hilang Dicuri Ternyata Digadai Rp2 Juta.

Terakhir, Ikzan menerangkan wacana perpindahan ibu kota negara sudah didengungkan sejak era sang proklamator Soekarno. Mimpi besar presiden RI pertama itu berhasil diwujudkan oleh Jokowi.

“Kita tahu bersama bahwa wacana pemindahan IKN sudah dari zaman Presiden Soekarno dan beberapa presiden sebelumnya. Artinya Pak Jokowi telah berhasil mewujudkan cita-cita Soekarno,” pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)