Gerak Cepat Relawan GGN, Renovasi MCK Ponpes di Tulungagung

Selasa, 10 Januari 2023 - 13:00 WIB
loading...
Gerak Cepat Relawan GGN, Renovasi MCK Ponpes di Tulungagung
Relawan GGN pendukung Ganjar Pranowo merenovasi MCK di Pondok Pesantren Al Falah Trenceng, Desa Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TULUNGAGUNG - Relawan Gus-Gus Nusantara (GGN) pendukung Ganjar Pranowo merenovasi tempat mandi cuci kakus ( MCK ) di Pondok Pesantren Al Falah Trenceng. bantuan itu merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap aktivitas menimba ilmu di lingkungan pondok pesantren .

Koordinator Wilayah GGN Jawa Timur, Gus Alwy Hasan menjelaskan bantuan tersebut diserahkan secara simbolis di sela-sela kegiatan Doa Bersama demi Keselamatan NKRI, Senin (9/1/2023). Ponpes Al-Falah Trenceng berada Desa Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung.

Ponpes ini telah berdiri selama puluhan tahun dengan memiliki berbagai fasilitas lengkap mulai gedung asrama, ruang kelas, dan lain-lain. Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa sarana prasarana seperti MCK memerlukan peremajaan.

"MCK di sini dulunya sudah bagus, tetapi karena terkikis oleh waktu sehingga perlu ada pemugaran. Karena MCK yang akan dibangun (oleh GGN) itu duduk. Sebelumnya jongkok," kata Gus Alwy di lokasi.

Gus Alwy menyebut, ada empat unit MCK yang akan diperbaiki, seluruhnya diperuntukkan bagi santri . Dengan bantuan ini diharapkan bisa mengubah paradigma dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, bersih, dan sehat.

"Insyaallah kami akan mendirikan empat MCK untuk Pondok Al-Falah Trenceng. Karena MCK ini sangat dibutuhkan oleh pondok di sini sehingga perlu dari GGN untuk peduli terhadap kegiatan ponpes terutama di bidang kesehatan," ujarnya.

Alwy menegaskan, Gus-Gus Nusantara berkomitmen untuk terus menjaring aspirasi masyarakat khususnya kalangan pesantren di seluruh pelosok Jawa Timur. Dengan begitu, bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Kami selalu berupaya mendengarkan keluh kesah masyarakat apa yang harus segera diambil kebijakan cepat dan tepat. Ini agar bantuan yang akan kami selenggarakan ini tepat dan betul-betul dibutuhkan," tuturnya.

Afta (24), salah satu santri mengaku bersyukur atas bantuan yang diberikan GGN. Menurutnya, sanitasi yang bersih dan tertata dapat meningkatkan kesehatan dan kebersihan para santri.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)