Banjir Demak Akibat Tanggul Kali Babon Jebol, Ratusan Warga Dievakuasi ke Pengungsian

Sabtu, 07 Januari 2023 - 11:27 WIB
loading...
Banjir Demak Akibat Tanggul Kali Babon Jebol, Ratusan Warga Dievakuasi ke Pengungsian
Warga Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Demak mengungsi lantaran rumah mereka terendam banjir. Foto/Ist
A A A
DEMAK - Banjir Demak akibat tanggul Kali Babon jebol membuat rumah warga Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah terendam. Ratusan warga harus dievakuasi ke tempat pengungsian.
Ketinggian banjir yang merendam Desa Kebonbatur berkisar antara 50 sentimeter hingga 1 meter. Sehingga warga harus dievakuasi ke tempat yang aman. Evakuasi warga dilakukan oleh tim SAR gabungan yang terdiri dari Polres Demam, TNI, BPBD dan relawan.


"Evakuasi dilakukan dengan membawa perahu karet hingga menggendong warga ketempat aman dari banjir. Hingga saat ini rumah warga Desa Kebonbatur masih terendam banjir," kata Kapolres Demak AKBP Budi Andhy Buono, Sabtu (7/1/2023).

Personel Polres Demak juga melakukan patroli di lingkungan Desa Kebonbatur untuk mengantisipasi tindak kriminalitas.

"Ini untuk mencegah aksi pencurian di rumah yang ditinggal pemiliknya," ujarnya.

Budi mengatakan, pihaknya juga mendirikan dapur umum bagi warga terdampak jebolnya tanggul Sungai Babon. Rusaknya tanggul membuat ratusan rumah terendam banjir di wilayah tersebut.


"Sekarang ini kita sudah siapkan dapur umum dan posko kesehatan bagi warga terdampak banjir. Kami akan terus memantau perkembangan banjir di Desa Kebonbatur hingga situasi dapat terkendali," sebutnya.

Budi menambahkan, dalam proses evakuasi ada beberapa warga yang dilarikan ke rumah sakit maupun puskesmas terdekat karena sakit.

"Ada tiga warga yang sakit sehingga kami bawa ke rumah sakit Wongso Negoro Semarang dan Puskesmas Mranggen. Bagi warga yang merasa tidak enak badan segera saja ke posko kesehatan yang kami dirikan, disana kami sediakan vitamin dan obat-obatan gratis untuk masyarakat," ucapnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)