Viral Ustazah Disawer, PBNU: Kurang Etis, Diingatkan dengan Santun

Kamis, 05 Januari 2023 - 23:40 WIB
loading...
Viral Ustazah Disawer, PBNU: Kurang Etis, Diingatkan dengan Santun
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Mohammad Mukri. Foto/MPI/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Video ustazah disawer oleh sejumlah pria saat tilawatil Quran, viral di media sosial. Kejadian ini juga mendapatkan respons dari Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Mohammad Mukri.



Menurutnya tindakan tersebut kurang etis, karena kondisi Qoriah sedang khidmat dan Khusyuk saat tengah membaca Alquran. "Kalau dari sisi orang yang nyawer, itu orangnya sebenarnya mau memberi hadiah bentuk penghargaan," ujar Mukri, Kamis (5/1/2023).



"Hanya ketika orang sedang khidmat, kemudian ada orang yang seliwar-seliwer, ke sana kemari, kayaknya kurang etis. Bukan persoalan haramnya, tetapi kurang etis orang lagi baca Alquran kok mengganggu pandangan orang. Mestinya, orang mendengarkan ketika ada yang membaca Alquran bukan untuk nyawer," imbuhnya.



Ketum MUI Lampung ini yakin, maksud pria yang menyawer itu hanya ingin memberikan apresiasi kepada ustazah sesuai naluri manusia. Namun, caranya tidak baik. "Seharusnya apresiasi itu dapat disampaikan usai pembacaan Alquran, sehingga tidak mengurangi kehidmatan orang yang sedang baca Alquran, dan mengganggu orang yang mendengarkan," ujarnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat, agar ketika memberikan apresiasi kepada seseorang hendaknya santun. Serta tidak pamer karena memberikan dengan ikhlas Lillahi Ta'ala."Semoga tidak terjadi lagi. Kalau mau memberikan pengahargaan, nanti setelah selesai. Memberikan hadiah boleh-boleh saja, sepanjang itu tidak ada kepentingan apa-apa, dan yang ngasih ikhlas," kata Mukri.



Kemudian untuk Majelis Taklim, dia mengingatkan agar dapat menegur tindakan tersebut dengan cara santun. Hal ini agar para jamaah tak lagi melakukan tindakan-tindakan yang kurang etis seperti itu."Itu bisa diingatkan dengan cara yang santun. Saya imbau semua jamaah yang hadir di lokasi, harus menunjukkan sikap sesuai perintah agama, yaitu mendengarkan," tuturnya.

Video tersebut viral ditonton sebanyak 48,8 ribu kali, usai diunggah oleh Ustaz Hilmi Firdausi dalam akun Twitternya @Hilmi28. Dalam video tersebut terlihat ustazah yang diketahui bernama Hj. Nadia Hawasy dari Tangerang, Banten, tengah khusyuk membaca Alquran.

Di tengah-tengah lantunan Alquran, beberapa pria maju ke panggung, dan menyawer Hj. Nadia dengan melayangkan uang dari atas ke bawah bak saweran penyanyi dangdut. Bahkan ada yang menyelipkan uang di kerudung ustazah tersebut.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3368 seconds (0.1#10.140)