Hotman Paris Sedih Pelaku Pemerkosaan Pelajar SMA di Lahat Divonis Ringan

Kamis, 05 Januari 2023 - 04:21 WIB
loading...
Hotman Paris Sedih Pelaku Pemerkosaan Pelajar SMA di Lahat Divonis Ringan
Keluarga korban pemerkosaan di Lahat protes putusan sidang. Foto: Era/SINDOnews
A A A
LAHAT - Pengacara nyentrik Hotman Paris mengaku banyak mendapat laporan pelaku pemerkosaan pelajar SMA di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) dihukum ringan. Dirinya pun siap memberi pertolongan.

"Banyak sekali yang menghubungi saya mem-forward foto seorang ayah yang mengadu katanya ke Presiden karena putrinya diperkosa oleh tiga orang di tempat kos," kata Hotman melalui Instagram, dikutip Rabu (4/1/2023).

Lebih lanjut, Hotman mengaku sedih dan prihatin saat mendengar vonis rendah yang dijatuhkan majelis hakim.



"Bagi siapa saja yang mengetahui nomor telepon bapak tersebut agar menghubungi saya atau membawa yang bersangkutan ke Kopi Johny, pada Sabtu pagi," sambungnya.

Sementara itu, Humas Pengadilan Negeri Lahat, Diaz Nurima Sawitri mengatakan, karena masih berusia 17 tahun maka persidangan keduanya merujuk pada sistem peradilan pidana anak (SPPA) dan sifatnya lex specialis menggunakan Undang-Undang nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak.

"Majelis hakim sudah menjatuhkan vonis 10 bulan penjara, dari tuntutan JPU 7 bulan penjara. Keduanya dijerat Pasal 81 ayat (1) Undang-Undang RI No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak," jelasnya.



Seperti diberitakan, kasus pemerkosaan itu terjadi di sebuah kamar kos, kawasan Bandar Agung, Lahat, pada 29 Oktober 2022. Adapun 3 orang pelakunya berinisial berinisial OH (17), AL (17), dan GA (18).

Ketiga pelaku sudah ditangkap polisi. Dari tiga orang itu, dua pelaku yakni OH dan AL sudah menjalani persidangan dan dijatuhi vonis hukuman 10 bulan penjara oleh majelis hakim PN Lahat, pada Selasa (3/1/2023).

Sementara 1 pelaku lainnya yakni GA (18) masih belum menjalani proses persidangan karena berkasnya terpisah.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0899 seconds (0.1#10.140)