Mesra! 2 Kubu yang Berseteru di Keraton Surakarta Makan Bareng di Lodji Gandrung

Rabu, 04 Januari 2023 - 16:24 WIB
loading...
Mesra! 2 Kubu yang Berseteru di Keraton Surakarta Makan Bareng di Lodji Gandrung
Dua kubu Keraton Kasunanan Surakarta, yakni kubu Sinuhun Paku Buwono XIII dan Lembaga Dewan Adat (LDA) makan bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Lodji Gandrung, Rabu (4/1/2023). Foto/MPI/R August
A A A
SOLO - Kemesraan begitu terasa di Lodji Gandrung, saat dua kubu yang berseteru di Keraton Kasunanan Surakarta, atau Keraton Solo, bertemu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Kedua kubu tersebut, makan bareng di rumah dinas Wali Kota Solo, Rabu (4/1/2023).



Kedua kubu yang berseteru di Keraton Kasunanan Surakarta, dan bertemu di Lodji Gandrung tersebut, adalah kubu Sinuhun Paku Buwono XIII, dan Lembaga Dewan Adat (LDA). Bahkan, gelora perdamaian diungkapkan oleh seluruh orang yang hadir dalam acara makan bersama tersebut.



Sedikitnya ada lima tokoh keluarga inti Keraton Kasunanan Surakarta, yang hadir dalam pertemuan ini. Yakni, Sinuhun Paku Buwono XIII, Prameswari Dalem GKR Paku Boewono, Putra Mahkota KGPAA Suryo Aryo Mustika, KGPHA Dipokusumo, dan Ketua LDA GKR Wandansari atau Gusti Moeng.



Prameswari Dalem GKR Paku Boewono saat jumpa pres mengatakan, Sinuhun XIII dan Gusti Moeng sudah nyawiji atau bersatu. "Sinuhun dan GKR Wandansari sudah nyawiji (bersatu). Mbonten wonten nopo-nopo (Tidak ada apa-apa lagi)," ujarnya.

Istri Paku Buwono XIII itu juga mengenaskan, bahwa seluruh putra-putri dari enam istri Paku Buwono XII, telah bersepakat untuk bekerja bersama merawat Keraton Kasunanan Surakarta.

Mereka akan bekerja di keraton seusai dengan perintah yang diberikan oleh Sinuhun."Sinuhun, rayi-rayi dalem (Adik-adik) dari enam ibu, badhe dipun rangkul sedoyo (Akan dirangkul semuanya). Mangke sedoyo sedherek bahde wonten dawuh saking Sinuwun (Nanti semua saudara akan ada perintah dari Sinuwun)," katanya.



Hal senada juga diungkapkan oleh Putra Mahkota KGPAA Suryo Aryo Mustika. Menurutnya seluruh masalah yang terjadi beberapa waktu lalu sudah dirembug secara kekeluargaan. "Saya pribadi tetap berdoa tidak ada masalah lagi. Apapun yang terjadi kemarin sudah dirembug," ungkapnya.

Sementara itu Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan, jika saat makan bersama suasanya sudah sangat cair. Baik dari LDA dan Sinuhun sudah saling menyapa hangat. "Intinya sudah oke semua. Satu visi dan misi semua. Kalau ada yang tidak suka tidak diajak. Tujuan kami baik," terangnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)