Jelang Malam Pergantian Tahun, Jalanan Kota Bandung Macet Parah

Sabtu, 31 Desember 2022 - 18:28 WIB
loading...
Jelang Malam Pergantian Tahun, Jalanan Kota Bandung Macet Parah
Kemacetan lalu lintas, terjadi di jalan-jalan protokol di Kota Bandung, menjelang malam pergantian tahun, Sabtu (31/12/2022). Foto/MPI/Agung Bakti Sarasa 
A A A
BANDUNG - Kemacetan lalu lintas mewarnai sejumlah jalan utama di Kota Bandung, menjelang malam pergantian tahun, Sabtu (31/12/2022). Kemacetan lalu lintas sudah mulai terasa, sejak di perbatasan Kabupaten Bandung, dengan Kota Bandung.



Salah satu titik kemacetan lalu lintas menjelang malam pergantian tahunm tersebut, ada di kawasan Cileunyi-Cibiru. Kemacetan lalu lintas berlanjut ke kawasan pusat Kota Bandung, yakni di Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Ibrahim Adjie, Jalan Gatot Subroto, hingga kawasan Jalan Asia Afrika, dan Jalan Braga.



Berdasarkan pantauan ATCS Kota Bandung, dan Google Maps, titik kemacetan lalu lintas, terjadi mulai dari pintu keluar Gerbang Tol (GT) Pasteur. Terlihat antrean kendaraan mengular dari arah Jakarta, menuju ke Bandung.



Sedangkan di Jalan Dr. Djunjunan, laju kendaraan mulai tersendat sejak turun dari Jembatan Layang Mochtar Kusumaatmadja, ke arah Jakarta. Kemacetan parah juga mewarnai Jalan Pasir Kaliki. Kendaraan mulai tersendat sejak lampu merah hingga menuju Paris Van Java.

Keadaan tak jauh berbeda terjadi di Jalan Cipaganti. Jika dilihat dari Google Maps, warna merah sudah terlihat dari Jalan Setiabudhi. Masyarakat pengguna jalan, disarankan untuk menghindari jalur tersebut, utamanya yang akan mengarah Bandung dari UPI.

Jelang Malam Pergantian Tahun, Jalanan Kota Bandung Macet Parah


Penumpukan kendaraan juga terjadi di Jalan Cihampelas. Hal serupa juga terpantau di Jalan Ir. H. Djuanda hingga BIP. Masyarakat disarankan tidak melintas di jalur yang akan mengarah ke Lembang, hingga Subang, karena arus lalu lintas sangat padat.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Ibrahim Tompo mengatakan, sejumlah langkah sudah disiapkan untuk mengurai kemacetan di malam Tahun Baru 2023. Salah satunya adalah pemberlakukan rekayasa lalu lintas. "Secara umum, pemberlakukan pengalihan arus dan rekayasa itu disesuaikan dengan kondisi kemacetan," katanya.



Ibrahim mencotohkan di Jalan Pasteur Kota Bandung. Apabila terjadi kemacetan yang cukup parah, maka akan dilakukan penutupan pintu tol. "Nanti orang yang mau masuk ke Bandung, dapat diarahkan menggunakan pintu tol lainnya seperti Buah Batu, Moch. Toha, dan Kopo," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2546 seconds (0.1#10.140)