Sejarah dan Asal Usul Kabupaten Magetan Dijuluki Kota Kaki Gunung

Jum'at, 30 Desember 2022 - 15:10 WIB
loading...
Sejarah dan Asal Usul Kabupaten Magetan Dijuluki Kota Kaki Gunung
Sejarah dan asal usul Magetan menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sejarah dan asal usul Magetan menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Magetan sendiri merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur.

Melihat letak geografisnya, kabupaten ini berada berbatasan dengan Kabupaten Ngawi di utara, Kabupaten Madiun di timur, Kabupaten Ponorogo di selatan, hingga Kabupaten Wonogiri dan Karanganyar di bagian baratnya.

Mengutip informasi dari laman Kemendikbud, asal usul Kabupaten Magetan bermula sejak era Kerajaan Mataram Islam. Kemudian, dalam sejarahnya daerah tersebut diperkirakan telah berkembang sejak masa Kerajaan Kediri.

Baca juga : Asal Usul Nama Pantai Losari di Kota Makassar

Adapun hal tersebut didasarkan pada penemuan peninggalan tempat peribadatan umat Hindu seperti candi. Tak hanya itu, ditemukan juga prasasti-prasasti bertuliskan aksara jawa kuno yang memiliki kekhasan dari Kerajaan Kediri.

Mengacu pada sebuah buku berjudul “Apa & Siapa Magetan”, asal usul Kabupaten Magetan tak lepas dari peristiwa penting yang terjadi di Kerajaan Mataram Islam serta kemunculan VOC.

Sekitar tahun 1646, Sultan Amangkurat I menggantikan Sultan Agung Hanyokrokusumo sebagai pemegang tahta di Mataram. Kala itu, dia menjalin hubungan dengan VOC sehingga membuat mereka mulai memperluas pengaruhnya di wilayah Mataram Islam.

Pada keberlanjutannya, hal-hal tersebut dianggap membuat keberadaan Mataram Islam menjadi lemah. Dalam hal ini, Sultan Amangkurat I juga banyak disorot dan dianggap bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Baca juga : Asal-usul Kota Pontianak, Benarkah Dulu Tempatnya Kuntilanak?

Seiring waktu, muncul pemberontakan oleh seorang pangeran Madura bernama Trunojoyo di tahun 1647. Dalam keadaan tersebut, tokoh keraton Mataram seperti Basah Gondo Kusumo dan Patih Nrang Kusumo dituduh bersekongkol menentang kebijakan Sultan Amangkurat I.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0157 seconds (0.1#10.140)