Diserbu 7 Juta Wisatawan, Sekda DIY Sebut Jogjakarta Destinasi Nomor 1 di Indonesia

Rabu, 28 Desember 2022 - 17:37 WIB
loading...
Diserbu 7 Juta Wisatawan, Sekda DIY Sebut Jogjakarta Destinasi Nomor 1 di Indonesia
Wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta kiat meningkat saat mendekati libur akhir tahun. Jumlah kendaraan pun semakin banyak sehingga beberapa ruas jalan macet. Foto/Antara/Adreas Fitri Atmoko
A A A
JOGJAKARTA - Wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta kiat meningkat saat mendekati libur akhir tahun. Jumlah kendaraan pun semakin banyak sehingga beberapa ruas jalan cenderung macet.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Baskara Aji Kadarmanta menyatakan, kondisi yang terjadi di Jogjakarta tersebut sebenarnya sudah diprediksi. Bahkan pemerintah pusat telah memperhitungkan bahwa Jogjakarta telah menjadi destinasi wisata nomor satu di Indonesia untuk libur Natal dan tahun baru (Nataru) kali ini.


"Diprediksi sekitar 7 juta wisatawan akan mengunjungi DIY," kata Baskara Aji, Rabu (28/12/2022) di Kepatihan, Kota Jogjakarta, Rabu (28/12/2022).

Hal ini menunjukkan jika Jogjakarta dipercaya masyarakat sebagai destinasi wisata terkemuka di tanah air. Karena libur Natal dan Tahun baru ini kunjungan ke DIY benar-benar murni untuk berwisata. Berbeda dengan ketika libur Lebaran, di mana mereka datang bukan dalam rangka wisata tetapi silaturahmi.



Hal ini menunjukkan jika di Yogyakarta menjadi tempat yang menarik destinasi wisatanya. Baskara Aji menyebut yang harus dilakukan oleh masyarakat DIY adalah menyikapi agar tidak turut serta dalam hiruk pikuk menyambut tahun baru

"Kita berikan untuk tamu menikmati tujuan wisata di DIY," ujarnya.


Dia mengimbau kepada warga Yogyakarta untuk menyesuaikan saja. Tidak perlu berlama-lama di jalan, lebih baik di suatu tempat atau destinasi wisata tertentu sampai sore dan seterusnya.

Jika tidak ada keperluan mendesak, Baskara Aji menyarankan agar warga Yogyakarta berdiam diri di rumah atau suatu tempat yang disukai. Terlebih akhir tahun ini liburnya hanya Sabtu dan Minggu saja.

"Kalau bekerja kita tetap bekerja, tetap berlibur," sarannya.

Baskara Aji menambahkan perputaran uang pada libur Nataru ini cukup banyak bahkan mencapai triliunan. Namun dia mengakui tidak bisa secara instan untuk melakukan perhitungan berapa perputaran uangnya nanti. Dia memprediksi ada peningkatan yang cukup signifikan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3167 seconds (10.101#12.26)