Biar Wisatawan Betah, Malioboro Bakal Dilengkapi Jogja Planning Gallery

Selasa, 12 Oktober 2021 - 22:12 WIB
loading...
Biar Wisatawan Betah, Malioboro Bakal Dilengkapi Jogja Planning Gallery
Malioboro bakal dilengkapi dengan gedung Jogja Planning Gallery yang memuat sejarah dan perencanaan pengembangan DIY. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JOGJA - Kawasan ikonik Kota Jogja, Malioboro bakal dilengkapi dengan gedung Jogja Planning Gallery yang memuat sejarah dan perencanaan pengembangan DIY.

"Di awal dulu Jogja seperti apa, misalnya dari zaman Mataram kuno itu seperti apa terus berkembang menjadi Jogja seperti saat ini, termasuk Yogya yang akan datang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Minerel (PUP-ESDM) DIY Anna Rina Herbranti menjelaskan ihwal "Jogja Planning Gallery" dikutip dari laman resmi Pemda DIY, Selasa (12/10/2021).



Gedung Jogja Planning Gallery akan menempati lahan bekas Gedung Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) DIY dan Gedung DPRD DIY di Jalan Malioboro yang nantinya akan dipindah ke Jalan Kenari, Jogja.

"Saat ini kami diminta untuk mendesain, bahwa eks Kantor Dinas Pariwisata bersama luasan yang ada di Gedung DPRD DIY eksisting ini akan dibuat sebagai Jogja Planning Galery," paparnya.

Jogja Planning Galery akan berisi tentang keseluruhan Jogja. "Ada filosofinya Jogja, kemudian ada sejarahnya Jogja. Kemudian nanti Jogja di masa yang akan datang seperti apa, termasuk nanti di situ ada maket besarnya Jogja, saat ini dan nanti," katanya.



Rencananya Jogja Planning Gallery juga memiliki konten yang beragam seperti wisata, budaya, dan juga tata ruang Kota Jogja termasuk kabupaten/kota di wilayah DIY.

"Jadi konsep kabupaten/kota di Wilayah DIY ke depan mau seperti apa, perencanaan mereka bisa dimasukkan di situ," ujar Anna.

Dengan dibangunnya Jogja Planning Gallery, kata dia, diharapkan masyarakat luas bisa mengetahui tentang sejarah perkembangan DIY.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2423 seconds (0.1#10.140)