Angkut Semen dari Gresik, KM KY 02 Tenggelam di Perairan Karimata, 3 ABK Dikabarkan Hilang

Selasa, 27 Desember 2022 - 12:23 WIB
loading...
Angkut Semen dari Gresik, KM KY 02 Tenggelam di Perairan Karimata, 3 ABK Dikabarkan Hilang
Sebuah kapal pengangkut semen dari Gresik menuju Kendawangan, Kalimantan Barat tenggelam di Gosong Jelai, perairan Karimata, Kalimantan Barat. Foto ist
A A A
PONTIANAK - Sebuah kapal pengangkut semen dari Gresik menuju Kendawangan, Kalimantan Barat tenggelam di Gosong Jelai, perairan Karimata, Kalimantan Barat. Kapal motor (KM) KY 02 itu tenggelam akiabt dihajar cuaca buruk.



Kepala Basarnas Pontianak, Yopi Haryadi dikutip dari laman Basarnas Pontianak mengatakan, akibat peristiwa itu, tiga anak buah kapal (ABK) dikabarkan hilang. "Total ada 13 korban selamat dan tiga lainnya masih dalam pencarian tim SAR gabungan," kata Yopi, Selasa (27/12/202).

Yopi mengatakan, manifes kapal tersebut hanya mencatat 15 ABK yang berada dalam kapal. Namun Basarnas Pontianak mendapat informasi kalau jumlah ABK dalam kapal tersebut sebanyak 16 orang.

"Setelah dilakukan penyebaran informasi, kami mendapatkan laporan bahwa Bagas Ramadhani juga turut menjadi penumpang kapal tersebut, sehingga jumlah korban bertambah menjadi 16 orang," ujarnya.

Menurut Yopi, KM KY 02 tenggelam pada Jumat (23/12/2022). Kapal yang membawa muatan semen itu berlayar dari Gresik, Jawa Timur hendak menuju Kendawangan, Kalimantan Barat. Lantaran cuaca buruk, kapal dihantam ombak besar hingga tenggelam.

Sebanyak 12 ABK berhasil diselamatkan oleh kapal TB Maximus. Mereka dibawa ke Pelabuhan Kumai di Kalimantan Tengah. Satu ABK lain ditolong kapal Bintang Jaya 2 yang saat itu melintas dan melihat korban terapung-apung di laut. Yopi mengatakan, tim SAR gabungan melanjutkan pencarian ABK hilang yang belum ditemukan.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)