Konflik Keraton Solo, Polisi Siap Fasilitasi Kedua Kubu Bermediasi

Minggu, 25 Desember 2022 - 13:24 WIB
loading...
Konflik Keraton Solo, Polisi Siap Fasilitasi Kedua Kubu Bermediasi
Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi. (Ist)
A A A
SOLO - Konflik yang terjadi di dalam Keraton Kasunanan Surakarta kian meruncing. Terkait hal itu, Polresta Solo siap memfasilitasi proses mediasi dari dua kubu.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi saat dikonfirmasi di Benteng Vasternberg, Minggu (25/12) siang mengatakan, jika pihaknya akan mengundang pihak Sinuwun Paku Buwono XIII dan Lembaga Dewan Adat (Adat) untuk melakukan mediasi.

Tujuannya agar friksi yang selama selama ini terjadi di dalam pihak keraton bisa terselesaikan.

"Kami undang seluruh pihak keraton, dari mulai Sinuwun dan adik-adiknya. Kami sudah beberapa kali berbicara dengan internal Keraton. Pihak yang mungkin ada friksi kami coba mediasi agar ketemu solusi yang baik," ujarnya.

Menurut Kapolresta, solusi tersebut menjadi solusi terbaik mengingat seluruh orang yang terlibat dalam konflik Sinuwun dan LDA adalah keluarga besar Keraton Kasunanan Surakarta.

"Intinya itukan keluarga semua saya sudah bertemu Mas Wali dan Gusti Purbo juga menyampaikan agar rekonsiliasi. Permasalahan ini diselesaikan dengan cara baik-baik saja," katanya.

Selain itu Iwan juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan melakukan upaya lain di dalam keraton selain agar keduanya mau menyelesaikan permasalahan dengan cara kekeluargaan.

"Kami dari pihak luar keraton harapannya segera bisa rekonsiliasilah. Sebab itu kita tidak melakukan upaya lain di keraton karena kami menyadari itu lingkungan keraton dan kami menyadari semua adalah keluarga," bebernya.

Baca: Polda Jateng Klarifikasi Kabar Anggota Polri Lakukan Penodongan di Keraton Surakarta.

Namun demikian, lanjut Iwan peletakan petugas jaga untuk pengamanan kawasan keraton akan dilakukan jika ada permintaan dari kedua belah pihak.

"Kalau demikian jika ada permintaan pengamanan kami beri pengamanan," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)