Pemerintah Gelontorkan Dana Rp15 Triliun untuk Kembangkan 5 Destinasi Wisata Prioritas

Kamis, 22 Desember 2022 - 01:02 WIB
loading...
Pemerintah Gelontorkan Dana Rp15 Triliun untuk Kembangkan 5 Destinasi Wisata Prioritas
Pemerintah gelontorkan dana Rp14 triliun untuk pengembangan 5 destinasi wisata prioritas. Foto: Istimewa
A A A
TOBA - Pemerintah akan menggelontorkan anggaran tambahan senilai Rp15 triliun untuk pengembangan lima destinasi prioritas di Indonesia. Anggaran tambahan ini akan digelontorkan pada tahun 2023 dan 2024.

Demikian dikatakan Menteri Pariwisata dan Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, usai Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Semester II Tahun 2022 di Kaldera Resort, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

'"Dan tadi ada tambahan anggaran yang diperlukan adalah Rp 15 triliun. Kita harapkan ini bisa dalam dua tahun untuk merampungkan seluruh kegiatan yang kita lakukan di 5 destinasi pariwisata prioritas," katanya, Rabu (21/12/2022).



Adapun kelima destinasi wisata super prioritas yang akan mendapatkan anggaran tambahan itu, yakni Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

Menurut Sandiaga, pada 2023 mendatang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyusun beberapa program pengembangan destinasi dan infrastruktur yang meliputi 3A (Atraksi, Akses, dan Amenitas), desa wisata dan infrastruktur ekonomi kreatif. Kemudian pengelolaan sampah, fasilitas BOP (Badan Otorita Pariwisata), bimbingan teknis destinasi dan pendampingan assesment DAK (Dana Alokasi Khusus) bidang Pariwisata.

“Target wisatawan nusantara 1,2 sampai 1,4 miliar perjalanan wisata. Kita akan tingkatkan lebih banyak even, Di Toba ini bulan Februari ada F1H20 yang kita harapkan akan menjadi pemicu dari wisata Nusantara," sebut Sandi.



Selain itu, kata Sandi, dengan koordinasi lintas kementerian, pemerintah juga akan menargetkan 4,4 juta orang mendapat lapangan pekerjaan yang diciptakan oleh pariwisata ekonomi kreatif.

"Tadi sudah disampaikan juga beberapa inovasi dari Pak Anas dan dukungan dari Pak Harso, nanti jumlah lapangan kerja yang diciptakan oleh pariwisata ekonomi kreatif ini 4,4 juta dengan beberapa koordinasi lintas kementerian," terang Sandi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2946 seconds (0.1#10.140)