Masjid Al-Jabbar Dilengkapi Museum 4 Nabi hingga Karpet Turki

Selasa, 20 Desember 2022 - 20:19 WIB
loading...
Masjid Al-Jabbar Dilengkapi Museum 4 Nabi hingga Karpet Turki
Diskusi Gaspol PWI Jabar Pokja Gedung Sate bertajuk Mahakarya Masjid Al Jabbar Khazanah Religi dan Wisata Halal di Bandung, Selasa (20/12/2022). Foto: SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Masjid Al-Jabbar bakal diresmikan 30 Desember 2022 mendatang. Proyek prestisius itu kini hampir rampung dan berdiri di atas danau buatan.

Selain menjadi khazanah religi dan wisata halal, masjid megah yang dirancang langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil itu diharapkan menjadi ikon internasional.

Sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jabar, Edi Komarudin mengapresiasi desain dan konsep Masjid Al-Jabbar yang dilahirkan oleh Ridwan Kamil.



"Ini masjid yang luar biasa. Mudah-mudahan Al-Jabbar jadi ikon tidak hanya nasional, tapi internasional," kata Edi dalam diskusi Galang Aspirasi Politik (Gaspol) Edisi 3 PWI Jabar Pokja Gedung Sate bertajuk "Mahakarya Masjid Al Jabbar Khazanah Religi dan Wisata Halal" di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung, Selasa (20/12/2022).

Menurut Edi, masjid pada dasarnya dibangun harus memberikan rasa nyaman kepada jamaahnya. Apalagi, Masjid Al-Jabbar bakal memiliki 4 museum nabi, yaitu Nabi Adam, Nabi Ibrahim, Nabi Yunus, dan Nabi Nuh. "Apa pun masalahnya, solusinya kembali ke masjid," ujarnya.



Edi menjelaskan, fungsi masjid tidak hanya sekedar untuk ibadah. Lebih dari itu, masjid juga kini menjadi tempat untuk memobilisasi kekuatan umat. Bahkan, dahulu kala, masjid juga bisa difungsikan sebagai barak tentara.

"Oleh karenanya, di samping ibadah, nantinya harus ada fungsi dakwah dan fungsi pendidikan. Masjid Al-Jabbar harus jadi percontohan," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)