Kelompok Nelayan di Cirebon Bersihkan Pesisir Sungai Bondet

Selasa, 20 Desember 2022 - 17:06 WIB
loading...
Kelompok Nelayan di Cirebon Bersihkan Pesisir Sungai Bondet
Ratusan nelayan Cirebon bergotong royong membersihkan sampah di pesisir muara Sungai Bondet, Selasa (20/12/2022). Kegiatan ini diisiasi Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
CIREBON - Ratusan nelayan dari berbagai wilayah di Cirebon bergotong-royong membersihkan sampah di pesisir muara Sungai Bondet. Kegiatan ini diisiasi Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat.

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat, Handi Nurdin mengatakan, pihaknya memantau peningkatan jumlah sampah di pesisir muara Sungai Bondet selama beberapa waktu terakhir. Gotong royong bersih-bersih ini agar lingkungan makin sehat.

“Karena kami melihat di sini ada peningkatan sampah. Kalau misal banyak sampah, ikan-ikan jadi enggak sehat. Jadi terdampak ke masyarakat sekitar," kata Handi, Selasa (20/12/2022).

Meski panas menyengat, relawan Ganjar Pranowo tersebut semangat mengajak para nelayan membersihkan sampah di muara Sungai Bondet. Bermodalkan alat-alat sederhana seperti sapu, pengki, garpu rumput dan plastik sampah, para nelayan membuat wilayah tersebut menjadi lebih nyaman untuk beraktivitas dengan tidak adanya sampah.

Handi yang juga membaur bersama nelayan lainnya saat bersih-bersih sampah ini menyebut. Aksi gotong royong ini juga bertujuan agar kapal nelayan bisa dengan lancar saat berlabuh atau pergi melaut dari muara tersebut.

Menurut Handi, kapal para nelayan kerap terganggu aktivitasnya karena sampah yang sering menyangkut di kapal. "Di sini kami melibatkan semua elemen nelayan, karena kan di sini (Cirebon) penghasil udang terbesar. Tapi di daerah sini lagi merosot hasilnya, karena limbah-limbah yang mencemari pesisir tersebut. Sekitar 300 orang kami dari berbagai wilayah Cirebon kami libatkan untuk bersih-bersih ini," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, komunitas ini juga berbagi paket sembako ke keluarga nelayan. Komunitas ini berharap, bantuan tersebut bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga nelayan kecil selama beberapa waktu ke depan.

"Kegiatan selanjutnya kita akan lihat kondisi di wilayah lainnya (di pesisir Jawa Barat). Apa yang mungkin bisa kita bantu, maka kita usahakan bantu. Jadi mungkin saja kita akan kembali melakukan kegiatan bersih-bersih sampah lagi," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)