Warga 2 Desa Korban Banjir Bandang Sitaro Diungsikan ke Gereja

Senin, 19 Desember 2022 - 02:43 WIB
loading...
Warga 2 Desa Korban Banjir Bandang Sitaro Diungsikan ke Gereja
Dua desa di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Sulawesi Utara (Sulut), diterjang banjir bandang. Foto/Ist.
A A A
SITARO - Ratusan warga dari dua desa di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut), yang menjadi korban banjir bandang, diungsikan ke gereja. Dua desa yang diterjang banjir bandang, adalah Desa Sawang, dan Desa Bandil di Kecamatan Siau Timur Selatan.

Baca juga: Sitaro Diterjang Banjir Bandang, 1 Tewas dan Ratusan Orang Mengungsi

Menurut keterangan Camat Siau Timur Selatan, Fidel Bukide, banjir bandang yang menerjang dua desa di wilayahnya tersebut, dipicu oleh hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Sitaro, sejak beberapa hari terakhir.



"Banjir bandang terjadi pada Minggu (18/12/2022) sekitar pukul 13.30 Wita. Banjir bandang mengakibatkan ruas jalan utama di Kampung Bandil, tertutup material lumpur dan bebatuan," kata Fidel, Senin (19/12/2022).

Baca juga: Nekat Foto di Tepi Jurang, Turis Asing Terjatuh dari Ketinggian 25 Meter

Saat ini kata Fidel, sejumlah warga korban banjir sudah dievakuasi di gedung gereja terdekat dan di Pelabuhan Sawang.Petugas dari BPBD Kabupaten Sitaro, bersama TNI dan Polri terus mengingatkan warga yang masih di rumah, agar segera menuju lokasi pengungsian.

Warga 2 Desa Korban Banjir Bandang Sitaro Diungsikan ke Gereja


"Bagi warga yang masih berada di rumah masing-masing, telah diminta agar melakukan evakuasi di lokasi yang telah disiapkan pemerintah daerah. Hal ini sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir susulan, karena masih terus terjadi hujan," ungkapnya.

Baca juga: Luar Biasa! Argentina Juara Piala Dunia, Setelah Penantian 36 Tahun

Data sementara dari BPBD Kabupaten Sitaro, korban banjir bandang yang melanda dua desa ini mengakibatkan satu korban tewas, dan sebanyak 146 jiwa dari 60 kepala keluarga, terpaksa mengungsi. Dari jumlah pengungsi tersebut, enam di antaranya merupakan balita.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2666 seconds (11.97#12.26)