Satu RT di Muarojambi Deklarasi Jadi Kampung Donor Darah

Minggu, 18 Desember 2022 - 15:18 WIB
loading...
Satu RT di Muarojambi Deklarasi Jadi Kampung Donor Darah
Satu wilayah Rukun Tetangga atau RT deklarasi sebagai kampung donor darah. (Ist)
A A A
MUARAJAMBI - Satu wilayah Rukun Tetangga atau RT deklarasi sebagai kampung donor darah . RT tersebut berada di Dusun Kenali Kecil, Desa Mendalo Darat, Jambi Luar Kota (Jaluko) Kabupaten Muarojambi , Jambi.

Ide atau gagasan RT tersebut mendeklarasikan wilayahnya sebagai kampung donor darah bermula saat ada warganya yang membutuhkan darah.

Bukan hanya sekali warga di RT 07 tersebut melakukan aksi donor darah, tapi di tahun ini sudah ketiga kalinya mereka menggelar aksi kemanusiaan tersebut.

Antusias ratusan warga pun tak terbendung, baik pemuda, ibu rumah tangga hingga orang tua satu persatu antre untuk mendonorkan darahnya ke PMI.

Salah seorang warga setempat, Ahmad mengaku bahwa pencetus kampung donor darah ini adalah warga sendiri.

"Warga sinilah pencetusnya, karena ini untuk kemanusiaan. Ini sudah ketiga kalinya warga disini menggelar aksi donor darah," ungkapnya, Minggu (18/12/2022).

Ketua RT 07, Karmin mengaku tidak menyangka bila warganya begitu antusias bersedia mendonorkan darahnya kepada yang memerlukan.

Dia menceritakan, ini berawal adanya warga yang jadi relawan PMI yang sering donor darah. Bagi yang memerlukan darah agar menghubunginya.

Beberapa bulan kemudian, katanya, ada orang yang membutuhkan darah. "Dia sudah mencari darah kemana-mana hingga ke PMI, tapi belum dapat. Beruntung, orang tersebut bisa ketemu dengan dirinya," tuturnya.

Dengan kejadian tersebut, sambungnya, dia memanggil perangkat RT dan tokoh pemuda serta lainnya berembuk agar warga semua bisa donor darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)