Tiga Kunci Sukses Pupuk Kaltim Pertahankan Budaya Antikorupsi

Sabtu, 17 Desember 2022 - 19:09 WIB
loading...
Tiga Kunci Sukses Pupuk Kaltim Pertahankan Budaya Antikorupsi
Di PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), prinsip-prinsip GCG yang terdiri dari transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kemandirian dan keadilan dijalankan secara menyeluruh dan konsisten. (Ist)
A A A
SAMARINDA - Good Corporate Governance (GCG) atau yang dikenal dengan tata kelola perusahaan yang baik merupakan suatu sistem yang harus dianut oleh perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya .

Di PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), prinsip-prinsip GCG yang terdiri dari transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kemandirian dan keadilan dijalankan secara menyeluruh dan konsisten serta menjadi jiwa dan spirit setiap insan PKT.

Termasuk budaya antikorupsi yang menjadi salah satu penerapan dari prinsip GCG.

Direktur Anti Korupsi Badan Usaha KPK, Aminudin menuturkan, karena korupsi terjadi karena ada niat, ada sistem yang lemah, ada lingkungan yang mendukung, maka pendekatan pencegahan korupsi dari KPK bisa dilakukan dari sisi individu, korporasi dan lingkungan.

“Dari segi korporasi, kami mendorong semua korporasi untuk mengimplementasikan secara efektif Sistem Manajemen Anti Penyuapan,” tuturnya.

Secara nyata, KPK pun melahirkan tiga strategi pendekatan pemberantasan korupsi yakni pendekatan pendidikan masyarakat, pendekatan pencegahan dan pendekatan penindakan.

Merujuk pada tiga strategi ini, sesuai porsi dan kewenangannya, PKT telah melakukan dua dari tiga strategi tersebut yang berupa public education dan tindakan pencegahan.

Hal ini juga didukung oleh roadmap PKT yang sudah cukup lama membangun budaya antikorupsi. Memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (HAKORDIA) di tanggal 9 Desember, Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi menegaskan kembali komitmen PKT dalam menerapkan sistem tata kelola perusahaan yang mendukung budaya antikorupsi.

“Roadmap PKT dalam membangun budaya GCG sudah cukup lama kami terapkan. Dimulai dari 2005 dan terbagi dalam tiga tahapan. Tahapan pertama di periode 2005-2010 merupakan tahapan perencanaan dan implementasi, periode kedua di 2011-2015 adalah tahapan implementasi dan evaluasi GCG, dan yang terakhir adalah tahapan membangun budaya GCG di periode 2018-2020," ujar Rahmad.

Setelah melalui beberapa tahapan tersebut, PKT mendapatkan sertifikasi ISO 37001 atau Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) 2016 dan Alhamdulillah, PKT menjadi salah satu perusahaan dalam ekosistem BUMN yang pertama kali menerapkan hal ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5641 seconds (0.1#10.140)