alexametrics

Polisi Patwal Wali Kota dan 1 Pegawai Positif COVID, Pendopo Disterilisasi

loading...
Polisi Patwal Wali Kota dan 1 Pegawai Positif COVID, Pendopo Disterilisasi
Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung. Berdasarkan tes swab, patwal Wali Kota dan seorang pegawai pendopo positif terpapar virus Corona. Foto/Humas Pemkot Bandung
A+ A-
BANDUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengungkap hasil tes swab terhadap petugas patroli dan pengawalan (patwal) Wali Kota Bandung Oded M Danial dan seorang pegawai di Pendopo Kota Bandung, positif terpapar virus Corona (COVID-19).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita mengatakan, berdasarkan tes swab terhadap 23 petugas dan pegawai yang kerap mendampingi Wali Kota dan istri tersebut, dilakukan Dinkes Kota Bandung pada Kamis 9 Juli 2020 lalu, dua di antaranya terkonfirmasi positif. (BACA JUGA:99 Anggota TNI di Pusdik Polisi Militer Dikabarkan Positif COVID -19)

Namun, Rita mengaku tak ingat pegawai di Pendopo Kota Bandung tersebut bekerja di bagian apa. Yang pasti, saat ini, baik polisi Patwal Wali Kota maupun pegawai Pendopo Kota Bandung tersebut telah melakukan isolasi mandiri secara ketat. (BACA JUGA:Secapa AD Jadi Klaster Baru, Ridwan Kamil: Warga Jangan Khawatir, yang Penting Ingat 3 M)

"Yang satunya (Pegawai pendopo Kota Bandung) saya tidak tahu, kalau satu lagi polisi (Patwal) Pak Oded. Sedangkan yang lainnya (21 pegawai Pendopo Kota Bandung yang menjalani tes swab) negatif. Total sekitar 22 atau 23 orang saya lupa. Polisi (petugas Patwal Wali Kota) itu tinggal di Lembang (Kabupaten Bandung Barat). Dia rumahnya ada dua, tapi sekarang diisolasi di Lembang," kata Rita dihubungi wartawan, Jumat (10/7/2020).



Swab test di Pendopo Kota Bandung yang merupakan rumah dinas Wali Kota, ujar Kadinkes, adalah bagian dari tracing yang dilakukan Dinkes Kota Bandung, Patwal Wali Kota dan pegawai pendopo yang positif itu termasuk orang tanpa gejala (OTG).

"Swab test kemarin itu (Kamis 9 Juli 2020), karena kita kan sedang tracing. Tidak bergejala (polisi Patwal dan pegawai pendopo) tapi tetap dilakukan isolasi supaya tenang dan tidak kontak dengan keluarga," ujar Kadinkes.



Rita menuturkan, Dinkes Kota Bandung terus melakukan tracing untuk mengetahui dari mana kedua orang itu terpapar virus Corona. Sebab, Patwal Wali Kota memiliki mobilitas tinggi dalam menjalankan aktivitas setiap hari.

"Dia (polisi Patwal) kan mobilitasnya tinggi. Belum ketahuan tertular dari mana karena mereka bertugasnya ke sana ke mari. Patwal itu enggak selalu kontak langsung dengan Pak Oded. Kan patwalnya juga berjadwal, tidak setiap hari," tutur Rita.

Setelah dilakukan tes swab, ungkap Kadinkes, Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, langsung ditutup dan dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan. Seluruh ruangan dan bagian pendopo disemprot.

Rita memastikan Pendopo Kota Bandung aman dan tidak ditutup. "Enggak (tak ditutup) karena (yang positif) langsung isolasi masing-masing dan sudah ditindaklanjuti dengan penyemprotan disinfektan. Lagian Pendopo itu sering (disterilisasi). Pendopo aman," ungkap dia.
(awd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak