Upaya Bupati Fauzi di Bidang Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinilai Patut Didukung

Kamis, 15 Desember 2022 - 20:39 WIB
loading...
Upaya Bupati Fauzi di Bidang Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinilai Patut Didukung
Pengamat politik dan kebijakan publik Universitas Negeri Jember Hermanto Rohman menilai berbagai upaya Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam bidang seni budaya dan pariwisata patut didukung. (Ist)
A A A
SUMENEP - Pengamat politik dan kebijakan publik Universitas Negeri Jember (UNEJ) Hermanto Rohman menilai berbagai upaya yang dilakukan Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam bidang seni budaya dan pariwisata patut didukung. Pasalnya, tujuannya untuk membangkitkan ekspresi para pelaku seni dan budaya, setelah tiga tahun vakum karena Covid-19.

"Ini harus didukung. Karena Pemkab Sumenep telah menyediakan ruang secukup-cukupnya bagi para seniman dan pegiat budaya untuk berekspresi dengan baik. Sehingga pengembangan dan pembinaan seni budaya dan ekonomi kreatif di Sumenep tidak mati," ujarnya, Kamis (15/12/2022).

Dia pun menyarankan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melibatkan anak-anak muda. Terlebih, Bupati Achmad Fauzi selama ini dikenal sebagai tokoh milenial yang dekat dengan kalangan muda.

"Kita berharap ada andil bagi pemuda-pemuda dalam mengembangkan industri seni budaya dan kreatif di Sumenep," tuturnya.

Dia mengatakan, industri pariwisata itu sangat bergantung pada pergerakan manusia. Saat pergerakan itu dibatasi, tentu berefek besar bagi pegiat wisata.

"Itulah yang terjadi saat pandemi kemarin, sehingga perlu ada solusi dan jalan tengah keluar dari persoalan tersebut,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, dalam jangka panjang, Pemkab Sumenep juga harus merancang program yang melibatkan UMKM. Contohnya, setiap tempat wisata harus menampung produk dari pelaku usaha. “Para pegiat wisata dan ekonomi harus ada kerja sama dan saling mengisi,” pungkasnya.

Diketahui, berbagai upaya dilakukan Bupati Sumenep Achmad Fauzi untuk membangkitkan perekonomian masyarakat pasca-luluh lantak dihantam pandemi Covid-19. Salah satunya di bidang periwisata dan ekonomi kreatif.

Tokoh Muda Madura yang digadang-gadang bakal maju di Pilgub Jatim 2024 tersebut pun menerima penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), atas dedikasi dan komitmennya dalam mendukung program pengembangan desa wisata tahun 2022.

Selain itu, salah satu destinasi wisata budaya yang ada di Kabupaten Sumenep, yakni Desa Aeng Tongtong, juga dinobatkan sebagai Juara I Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022, kategori Daya Tarik Pengunjung. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jakarta, pada Minggu (30/10/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)