Komunitas Anak Muda Jember dan Bondowoso Kumpulkan Ratusan Kantong Darah

Minggu, 11 Desember 2022 - 21:15 WIB
loading...
Komunitas Anak Muda Jember dan Bondowoso Kumpulkan Ratusan Kantong Darah
Kolaborasi 34 komunitas dari karang taruna Heppiii Community, anak motor Bold Riders, fans club serta masyarakat umum di Jember dan Bondowoso menghasilkan ratusan kantong darah untuk PMI setempat.
A A A
JEMBER - Kolaborasi 34 komunitas berbeda dari karang taruna Heppiii Community, anak motor Bold Riders, fans club serta masyarakat umum di Jember dan Bondowoso menghasilkan pencapaian yang luar biasa. Mereka berhasil mengumpulkan ratusan kantong darah untuk disumbangkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam program Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 yang mengambil tema Kita Adalah Pahlawan. Kegiatan ini dilaksanakan sepanjang bulan November 2022 lalu.

"Tahun ini kegiatan sejalan dengan momen Hari Pahlawan. Kami memaknainya bagaimana pahlawan hari ini adalah mereka yang bermanfaat untuk sesama, seperti dengan menyediakan stok darah untuk PMI," jelas koordinator acara donor darah di Jember dan Bondowoso, Bagus, Jumat (11/12/2022).

Baca juga: Pesilat dan Karang Taruna di Lamongan Kolaborasi Donor Darah Kemanusiaan

Di dua kabupaten kota ini kata dia lokasi donor darah dipusatkan di sembilan lokasi, dengan pencapaian jumlah kantong darah adalah 266 kantong. Jumlah pendaftar kata dia sejatinya lebih dari 300 an orang, namun karena harus memenuhi syarat seperti tensi darah dan faktor kesehatan lainnya, hanya 266 yang sukses diambil darahnya.

"Pencapaian ini mudah-mudahan bisa menginspirasi yang lain untuk melakukan hal yang lebih baik, terlebih kebutuhan darah. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bisa menginspirasi komunitas lain," harapnya.

Komunitas yang terlibat ini dari berbagai macam latar belakang, seperti paguyuban dan karang taruna yang tergabung dalam Heppiii Community.

Mereka seperti dari Arek Tamansari (ARTAM), Rukun Kematian Masyarakat, Generasi Muda Gedangan (GMG), Sorban, The Ello Godhog, Singo Muncul, Laskar Segoro Kidul (LSK), Sembara, Karat Besi, Konco Ndoyonk, Komunitas Arek Kencong (KAK), Ponjer Community, Sakera Cangkring, Gobar, Sarwa, Mitra Kerja.

Kemudian ada juga anak motor Bold Riders seperti Bondowoso Street Fire Club (Bosefic), V-One Celebes Club (V-One BWS), Yamah Vixion Club Indonesia Chapter Bondowoso (YVCI-BS), Honda CBR Club Indonesia (CCI - BWS), Byson Riders Jember, Dewata Rocker Jember, Krackers Super Moto Jember, Ninja Jember Souls (NINJERS), Yamah Vixion Club Indonesia Chapter Jember (YVCI-VJ), YR15CI Jember (Yamaha R15 Club Indonesia at Jember).

Kemudian komunitas fotografer, Lensa Jember, fans club Pena de Real Madrid Indonesia Regional Jember, Famiglia Bianconero Regional Jember, Milanisti Indonesi Sezion Jember, Manchester City Sponter Club Indonesia Regional Jember, Fans Club Barcelona Indonesia Regional Jember, Inter Club Indonesia Regional Jember, dan Chelsea Indonesia Supporter Club Jember.

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober sampai 13 November 2022 kemarin.

Total ada sebanyak 750 komunitas di lebih dari 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi.Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahalwan.

Program tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894 orang. Atas raihan ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5454 seconds (0.1#10.140)