Pesilat dan Karang Taruna di Lamongan Kolaborasi Donor Darah Kemanusiaan

Minggu, 11 Desember 2022 - 10:55 WIB
loading...
Pesilat dan Karang Taruna di Lamongan Kolaborasi Donor Darah Kemanusiaan
Program donor darah serentak di 15 provinsi awal hingga pertengahan November 2022 diikuti Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) berkolaborasi denga karang taruna (Kartar) Heppiii Community
A A A
LAMONGAN - Program donor darah serentak di 15 provinsi awal hingga pertengahan November 2022 juga diikuti sejumlah komunitas di Lamongan. Kali ini pesilat yang tergabung dalam Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) berkolaborasi denga karang taruna (Kartar) Heppiii Community ikut dalam kegiatan kemanusiaan tersebut.

Kegiatan ini digelar pada 12 November 2022 dalam rangka Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 yang mengambil tema kepahlawanan. Kegiatan ini serentak di 82 kota di Indonesia timur.

Acara ini kolaborasi dari berbagai komunitas, dari anak motor Bold Riders, Karang Taruna Heppiii Community, anak esport Super Friends, hingga pecinta alam Super Adventure.

Baca juga: AQUA Pandaan dan Banyuwangi Raih Penghargaan Industri Digital

"Untuk Lamongan ada tiga komunitas yang ikut kegiatan donor darah serentak ini, ada dari karang taruna (Karta) Tunas Bakti, Karta Pradnya Pramita, kemudian Putra Harapan," jelas koordinator acara di Lamongan Dian Candra, Minggu (11/12/2022)

Para komunitas ini juga merupakan para pesilat yag turut berkolaborasi dengan kegiatan sosial. Ada puluhan anggota pesilat dan warga yang mengikuti donor darah ini.

Antusiasme para pesilat dan warga juga sangat tinggi, terlebih aksi donor darah ini juga sangat dibutuhkan oleh PMI. Kebutuhan darah juga harus selalu ada untuk menutupi kebutuhan rumah sakit.

Para komunitas yang terlibat ini dikenal memiliki solidaritas yang tinggi terhadap kemanusiaan. Mayoritas yang mengikuti kegiatan ini sebelumnya juga langganan PMI untuk kegiatan donor darah.

Tiga bulan sebelumnya para pesilat ini juga ikut program donor darah, bahkan bisa ratusan sampai ribuan orang jika mereka donor.

"Saat donor kemarin juga warga banyak yang membawa buah-buahan hasil bumi sendiri, seperti melon, semangka. Kegiatan ini selain sosial juga makin membuat silaturahmi makin terjalin, rukun dan kompak," ungkapnya.

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober sampai 13 November 2022 kemarin.

Total ada sebanyak 750 komunitas di lebih dari 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi.Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahalwan.

Program tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894 orang. Atas raihan ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2134 seconds (0.1#10.140)