Kirab Lodji Gandrung-Mangkunegaran, Kereta Kaesang Ditarik 6 Kuda Betina

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:46 WIB
loading...
Kirab Lodji Gandrung-Mangkunegaran,...
Kaesang Pengarep dan Erina Gudono akan melakoni prosesi kirab dari Lodji Gandrung ke Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022). (Ist)
A A A
SOLO - Kaesang Pengarep dan Erina Gudono akan melakoni prosesi kirab dari Lodji Gandrung ke Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022). Pengantin baru itu akan naik kereta kencana milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) berwarna hijau tua yang berkapasitas 4 orang.

Keduanya akan memimpin rombongan arak-arakan kereta kencana lain yang dinaiki oleh Presiden Jokowi, Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Selvi Anandha dan anggota keluarga lainnya.
"Rencana awal di depan sendiri. Kalau ada perubahan kami tunggu dari panitia," ujar kusir kereta kencana Kaesang-Erina, Aiptu Warsito.

Kereta kencana Kaesang-Erina juga menjadi yang paling special karena menjadi satu-satunya kereta yang ditarik dengan 6 kuda.
Sedangkan, kereta kencana lain yang mengikuti kirab hanya ditarik dengan 2 kuda.

Warsito menjelaskan, seluruh kuda yang menarik kereta kencana Kaesang-Erina berkelamin betina dan berjenis KPI atau blasteran lokal dan Australia.

"Persilangan lokal dan Australia. Lokalnya betina, tapi untuk mendapatkan ukuran badan yang tinggi, kekar dan tebal pakai pejantan impor," ujarnya.

Baca: 14 Korban Ledakan Tambang Batu Bara Sawahlunto Ditemukan, Operasi SAR Ditutup.

Bhabinkamtibmas Polsek Kesugihan Cilacap itu menuturkan rata-rata tinggi keenam kuda mencapai 150 cm berusia 5-6 tahun. "Usia kuda 5-6 tahun sudah matang. Setinggi 150 cm," tegasnya.

Terpisah Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy menuturkan, total ada 28 kuda dan 12 kereta kencana yang digunakan dalam prosesi kirab.

"Sementara diinapkan di Polresta Solo agar siap saat pelaksanaan kirab besok," pungkasnya.
(nag)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2337 seconds (0.1#10.140)