Selesai Siraman, Keluarga Jokowi Berangkat ke Yogyakarta Setelah Salat Jumat

Jum'at, 09 Desember 2022 - 12:49 WIB
loading...
Selesai Siraman, Keluarga Jokowi Berangkat ke Yogyakarta Setelah Salat Jumat
Prosesi Adat Siraman Putra Bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep telah selesai. Acara itu dilakukan di kediaman Presiden di Sumber, Banjarsari, Solo.(Ist)
A A A
SOLO - Prosesi Adat Siraman Putra Bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep telah selesai. Acara itu dilakukan di kediaman Presiden di Sumber, Banjarsari, Solo.

Kaesang disiram dengan tujuh mata air dari Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor dan Kediaman Solo.

Adapun tokoh yang menyirami Kaesang yakni Mahfud MD dan Istri, Luhut Binsar Pandjaitan, beserta Istri, Retno Lestari Priansari Marsudi beserta Suami, Hadi Tjahjanto, beserta Istri, Idong Setyo Husodo, Sp. An beserta Istri.

Kemudian Gibran Rakabuming Raka beserta Istri, Bobby Nasution beserta Istri dan Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana.

Sebelum siraman dilakukan acara sungkeman yang diiringi rerepen Dandhang Gulo Tlutur Slendro Miring.

"Alhamdulillah tadi prosesi sungkeman dan prosesi siraman sudah berjalan dengan baik lancar," ungkap Presiden Jokowi setelah Siraman.

Didampingi Iriana, Kaesang dan Bobby, Presiden pun meminta doa kepada seluruh masyarakat agar prosesi lanjutan seperti Midodareni, ijap kabul dan tasyukuran berjalan dengan lancar.

"Kami sekeluarga memohon dua restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya baik Midodareni besok Ijap, tasyakuran di Pura Mangkunegaran bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Baca: Kaesang Dapat Kado Pernikahan Wastafel Marmer Tulungagung, Apa Pesannya?.

Presiden juga tak lupa mengucapkan permintaan maafnya apabila selama pelaksanaan prosesi pernikahan masyarakat di merasa terganggu.

"Dan nanti sampai di tasyakuran apabila ada yang terganggu kegiatannya mohon maaf yang sebesar besarnya. Utamanya pada masyarakat Yogyakarta dan solo" bebernya.

Keluarga Presiden pun dijadwalkan akan bertolak ke Yogyakarta setelah melaksanakan ibadah Salat Jumat. "Nanti sholat Jumat dulu kemudian langsung Yogyakarta untuk persiapan nanti malam," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4003 seconds (0.1#10.140)