Erina Gudono Gelar Tradisi Cetik Geni Sepisanan, Hari ini Mulai Masak Nasi untuk Hajatan Pernikahan

Rabu, 07 Desember 2022 - 17:40 WIB
loading...
Erina Gudono Gelar Tradisi Cetik Geni Sepisanan, Hari ini Mulai Masak Nasi untuk Hajatan Pernikahan
Pekerja membawa anyaman jerami yang akan digunakan untuk membuat dapur lokasi prosesi adat Cetik Geni Sepisanan di rumah Erina Gudono di Sleman, DIY. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
SLEMAN - Rangkaian prosesi pernikahan Kaesang Pengarep dengan Erina Gudono dimulai. Kamis (8/12/2022) besok bakal dilaksanakan Semaan Al-Qur'an dan pengajian dengan mengundang tetangga Erina.

Selain itu juga bakal dilaksanakan tradisi Cetik Geni Sepisanan, sebuah upacara sebagai penanda dimulainya rangkaian tradisi prosesi pernikahan menurut adat Jogja.

Baca juga: Penampakan Rumah Erina Gudono Jelang Pernikahan dengan Kaesang Pangarep

Sejak hari ini, Rabu (8/12/2022) sejumlah pekerja memasang dekorasi untuk pelaksanaan tradisi Cetik Geni Sepisanan. Mereka mendekorasi depan rumah Erina tepatnya di depan garasi layaknya sebuah dapur.

Diketahui di lokasi, sejumlah pekerja dekorasi telah mengantar dan mulai menata 'dapur kuno' untuk prosesi cetik geni sepisanan dan adang pisanan.

Nampak ada sejumlah anyaman bambu yang ditata sebagai area dapur, kemudian ada tungku berbahan gerabah, serta sejumlah peralatan masak dari bambu dan kayu. Beberapa rangkaian atap dari jerami juga nampak dibawa dan ditata, di lokasi.

"Dapur instan ini nanti untuk ritual Cetik Geni Sepisanan," ujar Anjar, salah satu pekerja dari Larasati Dekorasi, Condong Catur.

Baca juga: Unggah Potret Cantik Erina Gudono, Kaesang Pangarep: Nggak Sabar Nikah

Anjar ritual cetik geni sepisanan dimaknai sebagai pertanda bahwa pemilik rumah sedang memiliki hajat menantu pertama. Tentunya membutuhkan peralatan layaknya di dapur.

Beberapa barang yang didatangkan untuk ritual ini diantaranya adalah benda-benda yang biasa ada di dapur. Di antaranya adalah tungku, tampah, wadah dan peralatan masak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1994 seconds (11.210#12.26)